jenderal purn saudi eshki ke israelAnkara, LiputanIslam.com – Media Israel Haaretz, Jumat (22/7/2016), melaporkan bahwa jenderal purnawirawan Arab Saudi Anwar Eshki pekan ini telah berkunjung ke Israel dan menemui Dirjen Kemlu Israel Dore Gold dan Korditaor Aktivitas Pemerintahan Wilayah Israel Mayjen Yoav Mordechai.

Dalam kunjungan ini Eshi yang memimpin delegasi akademisi dan pebisnis Saudi juga mengadakan pertemuan dengan sekelompok anggota parlemen Israel Knesset untuk merundingkan Inisiatif Perdamaian Arab di Israel.
Eshki pernah menjabat posisi senior di angkatan bersenjata dan Kemlu Saudi, dan kini memimpin sebuah lembaga penelitian.

Menurut Haaretz, meskipun tidak jelas seberapa dekat dia dengan pihak istana Saudi dan kunjungan inipun bukan unjungan resmi, namun ini merupakan peristiwa luar biasa dan tak mungkin Eshki berkunjung ke Israel tanpa persetujuan rezim Saudi.

Belakangan ini Saudi disebut-sebut terus melakukan pendekatan dengan Rezim Zionis Israel karena keduanya sama-sama bermusuhan dengan Iran. Saudi juga pernah dikabarkan menjalin perjanjian rahasia dengan Israel, yang mengizinkan Israel untuk menggunakan zona udara Saudi apabila bermaksud melancarkan serangan udara terhadap fasilitas nuklir Iran. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL