masoud jazayeri2Teheran, LiputanIslam.com –  Wakil Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran Brigjen Masoud Jazayeri menegaskan bahwa Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran tidak akan pernah memperkenankan inspeksi asing terhadap pusat-pusat militer negara ini.

Dia  mengatakan sikap Pemimpin Besar Revolusi Islam Iran Grand Ayatullah Khamenei, demikian pula panglima Angkatan Bersenjata Iran, sudah sangat tegas tidak akan memperkenankan inspeksi tersebut.

“Namun, hal yang mengherankan ialah kontinyiutas para pejabat Amerika Serikat (AS) dan sebagian pejabat negara-negara P5+1 mengubar pernyataan dalam masalah ini,” keluhnya, sebagaimana dilansir Alalam, Jumat (5/6).
Dia menambahkan, “Kami selamanya tidak akan memperkenankan pemeriksaan pusat-pusat militer, baik operasi pemeriksaan itu dilakukan secara terbatas atau terpogram maupun bersyarat atau dalam bentuk apapun.”

Dia juga mengatakan bahwa sesuai hasil jajak pendapat, pencegahan terhadap pemeriksaan terhadap pusat-pusat militer Iran merupakan aspirasi mayoritas mutlak rakyat Iran.

“Karena itu, tak seorangpun berhak menempuh tindakan yang menyalahi hal ini,” tandasnya.

Dia juga memastikan kesolidan tekad bangsa Iran melawan ambisi negara-negara arogan dunia dalam isu nuklir Iran.

“Inspeksi pusat-pusat militer dengan label ‘pemeriksaan terprogram’ adalah sesuatu yang tak dapat diterima,” katanya.

Dia mengingatkan bahwa Barat tidak bisa “bermain kata-kata” dalam masalah ini.

Seperti diketahui, Iran masih terlibat perundingan intensif di bidang nuklirnya dengan enam negara terkemuka dunia yang tergabung dalam P5+1, yaitu lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB plus Jerman.

Washington mencoba menyusupkan persoalan kekuatan militer Iran ke dalam isu nuklir, namun Teheran menolaknya mentah-mentah dan akan cenderung memilih membatalkan perjanjian nuklir daripada harus menuruti kemauan AS dan negara-negara sekutunya tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL