Dubai, LiputanIslam.com –  Penesehat senior militer Iran Jenderal Reza Khorram Tousi mengingatkan kepada Arab Saudi untuk tidak melontarkan pernyataan-pernyataan bernada ancaman terhadap Iran, sebab Saudi “tidak dapat bertahan selama 48 jam” di depan kekuatan militer Iran.

“Keamanan perbatasan Iran berada di levelnya yang tertinggi dan tak ada celah apapun bagi ancaman… Iran sekarang jauh lebih kuat dari sebelumnya dalam menghadapi musuh nomor wahid, Amerika,” tegas Tousi pada momen peringatan Hari Angkatan Bersenjata Iran di Teheran, Kamis (19/4/2018).

Namun dia juga memastikan bahwa strategi Iran semata bertujuan menghadapi Amerika Serikat (AS), bukan negara-negara regional.

“Rezim Saudi hendaknya tidak melontarkan pernyataan-pernyataan yang  tak sesuai dengan kekuatan militernya. Mereka tidak akan dapat bertahan di depan kami lebih dari 48 jam. Karena itu mereka hendaknya tidak berbicara dan bersikap demikian,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Pertahanan Iran adalah untuk menghadapi musuh nomor wajidnya, AS. Kami tidak akan pernah berkonfrontasi dengan negara-negara regional. Kami katakan kepada mereka bahwa mereka akan rugi jika menghentikan kerjasama dengan Iran, sebab Iran tidak akan mengarahkan kekuatan militernya terhadap mereka. Tujuan utama kami ialah menghadapi AS dan politik agresifnya di kawasan.”

Pada akhir Maret lalu Putra Mahkota yang juga menjabat Menhan Arab Saudi Mohammad bin Salman mengatakan bahwa ada kemungkinan akan pecah kontrontasi militer langsung antara dua negara terbesar di kawasan Teluk setelah 10-15 tahun. (mm/alalam/defencearab)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL