foto rekayasa soleimani di yaman1Sanaa, LiputanIslam.com – Memasuki hari kedua agresi militer Arab Saudi dan sekutunya dengan sandi “Badai Mematikan”, Jumat (27/3/2015) beredar kabar bahwa jenderal tersohor Iran Qassim Soleimani malang melintang di Yaman untuk membantu rakyat Yaman melawan agresi.

Sebagaimana dilaporkan lembaga pemberitaan Fars yang berbasis di Irak, kabar mengenai komandan Pasukan Quds dari Koprs Garda Revolusi Islam Iran (IRGC/Pasdaran) yang selama ini gencar membantu Suriah dan Irak melawan teroris itu disebar luaskan oleh beberapa media di Timur Tengah, termasuk BBC Arabiya. Naifnya, kabar itu ternyata hoax atau palsu belaka, dan ditujukan hanya untuk menekan mental gerakan Ansarullah, sekaligus Iran yang selama ini memang pro-Ansarullah.

Berita itu ditepis keras oleh salah satu petinggi Ansarullah, Mohammad al-Bukhaiti.

foto rekayasa soleimani di yaman2

Foto asli yang digunakan sebagai bahan rekayasa foto keberadaan Jenderal Iran Qassim Soleimani di Yaman.

“Berita-berita ini sama sekali tidak benar,” katanya dalam wawancara dengan kantor berita Turki, Anatolia, Jumat.

Rumor murahan dan tak bertanggungjawab ini sedemikian luas merebak sehingga ada pengguna media sosial asal Arab Saudi yang menebar foto rekayasa keberadaan Jenderal Soleimani di Yaman disertai tulisan “Urusan Iran”.

Dalam foto itu terlihat seolah sang jenderal berdiri di depan toko kacang-kacangan di sebuah pasar Yaman. Namun, dari kualitas foto  maupun berbagai kejanggalan lain terlihat bahwa perekayasanya hanyalah seorang pengguna amatir aplikasi program pengedit foto. Dia hanya sekedar menempelkan satu obyek gambar pada gambar lain yang menjadi latar belakang, sebagaimana biasa dilakukan oleh para pengguna amatir program Photoshop. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*