Teheran, LiputanIslam.com – Wakil Kepala Staff Angkatan Bersenjata Iran Brigjen Masoud Jazayeri menyebut “koalisi internasional anti ISIS” sebagai “bohong besar” serta menuding pasukan Amerika Serikat (AS) “sengaja dan tanpa rasa malu” telah menjatuhkan paket bantuan senjata dari udara kepada kawanan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Dalam tinjauan militer, sama sekali tidak ada keraguan bahwa penjatuhan paket berisi bahan makanan, obat-obatan dan senjata dalam jumlah besar untuk ISIS oleh pesawat-pesawat AS itu tidak mungkin terjadi kecuali dengan perencanaan dan kordinasi sebelumnya,” tegas Jazayeri dalam pernyataannya di kanal berita TV Iran, Kamis (23/10).

Dia menambahkan, “Keberadaan ISIS di kawasan sangat jelas, sementara koalisi AS juga tahu persis kawasan ini dan pesawat-pesawatnyapun berdominasi atasnya. Dengan demikian, dunia berhadapan dengan kebohongan besar atas nama ‘koalisi anti ISIS’. Saya berharap dapat membantu membongkar kebohongan berita dan laporan-laporan sedemikian rupa terkait kawasan serta menjelaskan kepada publik dunia hakikat yang sesungguhnya dalam masalah ini. Ironis sekali, dunia berhadapan dengan apa yang disebut sebagai aksi teror sebuah negara yang menyimpang.”

Sementara itu, anggota parlemen Irak Sattar Ghanim di hari yang sama menyatakan bahwa pesawat AS telah menjatuhkan paket-paket bantuan kepada pasukan ISIS yang terkepung di kawasan Jalawla, provinsi Diyala.

“Pesawat tempur militer jenis 341 telah menjatuhkan tiga paket kepada ISIS,” ujar Ghanim sembari menyebutkan bahwa pesawat jenis itu dimiliki oleh AS, Turki dan pasukan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Pernyataan-pernyataan ini terjadi ketika belakangan ini beredar rekaman video jatuhnya beberapa paket bantuan AS ke tangan ISIS di kota Ain al-Arab (Kobane), Suriah. AS mengaku bahwa paket-paket itu sebenarnya ditujukan kepada para pejuang Kurdi Kobane tetapi dijatuhkan secara “tak sengaja” di lokasi yang salah sehingga malah jatuh ke tangan kawanan teroris ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL