Teheran, LiputanIslam.com –  Wakil Komandan Angkatan Bersenjata Iran Bidang Koordinasi Laksamana Habibollah Sayyari menyatakan negaranya memiliki kondisi geografis yang memungkinkannya menguasai secara penuh Teluk Persia, Selat Hormuz dan bagian utara Laut Oman, dan kondisi ini telah dimanfaatkan dengan baik oleh negara republik Islam ini.

Dalam wawancara kantor berita Fars milik Iran, Rabu (5/9/2018), dia juga menekankan bahwa Selat Hormuz sangat penting bagi karena merupakan salah satu jalur terpenting untuk transportasi minyak dunia.

“Iran sanggup menjaga keamanan Selat Hormuz sendirian dan dengan bantuan negara-negara tetangga tanpa perlu keberadaan pihak asing untuk tujuan ini,” katanya.

Menyinggung pengerahan kapal-kapal perang Amerika Serikat di Teluk Persia, Sayyari mengatakan, “Karena itu pihak lain yang datang ke kawasan ini hendaknya tidak menggunakan masalah sebagai dalih, sebab merekalah yang justru meniadakan keamanan di manapun mereka berada.”

Beberapa hari sebelumnya Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran Mohammad Bagheri mengingatkan“negara asing agresor” agar tidak berusaha melanggar hukum internasional di Selat Hormuz. Dia juga memastikan bahwa pasukan Iran sepenuhnya siap menguasai penuh Selat Hormuz dan menindak segala bentuk pelanggaran.

“Negara-negara agresor berambisi memasuki Selat Hormuz dalam beberapa tahun terakhir, namun mereka masih mengindahkan hukum internasional,” lanjutnya. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*