irak tariq aziz

Saddam Hossein menyematkan lencana pada Tariq Aziz

Baghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan keamanan Irak telah merebut kembali jenazah Tariq Aziz mantan menlu Irak dan mantan wakil diktator Irak Saddam Hossein dari tangan para pencurinya. Demikian dilaporkan situs berita al-Nakhil, Jumat (12/6).

TV al-Jazeera dalam berita segeranya Sabtu dini hari (13/6) mengabarkan jenazah Tariq sudah dibawa ke Amman, ibu kota Yordania, untuk dikebumikan di negara ini. Jenezah itu diterbangkan dari Baghdad dengan menggunakan pesawat kerajaan Yordania.

Kamis lalu (11/6) dikabarkan bahwa kelompok bersenjata tak dikenal telah mencuri jenazah Tariq Aziz dari bandara Baghdad, dan belum ada kelompok yang menyatakan bertanggungjawab atas pencurian ini.

Puteri Tariq, Zainab, mengatakan bahwa ibunya saat itu sedangkan menunggu jenazah di bandara internasional Baghdad untuk diterbangkan ke Yordania, namun jenazah terpidana mati itu tiba-tiba dikabarkan hilang.

Tariq yang menunggu eksekusi mati terkena serangan jantung hingga meninggal dunia di penjara Nasiriyah. Ziyad Tariq, putera Tariq, Kamis lalu menyatakan pemerintah Irak menyetujui pengebumian jenazah Tariq di Yordania.

Partai Baath Yordania menyatakan jenazah Tariq hilang kemungkinan karena dicuri. Partai ini meminta pemerintah Irak dan milisi sektarian bertanggungjawab atas kejadian ini.

Pemerintah Irak sendiri belum berkomentar sial ini, sedangkan otoritas Yordania membenarkan bahwa hingga penerbangan terakhir pada hari Kamis itu jenazah Tariq tak kunjung tiba di bandara Amman.

Tariq Aziz adalah satu-satunya pejabat tinggi Irak yang beragama Kristen di era diktator Saddam Hossein. Dia pernah menjabat sejumlah posisi penting, termasuk deputi perdana menteri dan menteri luar negeri Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL