Mekkah, LiputanIslam.com –  Jemaah haji Iran meneriakkan yel-yel “mampus Amerika” dan “mampus Israel” dalam ritus yang mereka sebut “bara’ah min al-musyrikin” (berlepas diri dari orang-orang yang menyekutukan Allah SWT).

Ritus itu dilaksanakan di Padang Arafah, Senin (20/8/2018), dengan penertiban tersendiri setelah Sayyid Ali Qadhi Askar selaku wakil Pemimpin Besar Iran, Grand Ayatullah Sayyid Ali Khamenei, membacakan pesan Sang Ayatullah kepada seluruh jemaah haji yang berdatangan dari pelbagai penjuru dunia.

Teriakan demikian mereka pekikkan sebagai seruan kepada umat Islam agar mereka melawan atau berlepas diri dari para adidaya imperialis dunia dan para anteknya.

Ritus ini ditutup dengan pembacaan deklarasi berisikan penegasan atas dukungan mereka kepada bangsa Palestina dan perlawanan terhadap Rezim Zionis Israel, dan kutukan mereka terhadap kelompok-kelompok Islam radikal dan teroris.

Pada hari itu sebanyak lebih dari dua juta jemaah haji bergerak menuju Masy’ar al-Haram untuk menunaikan manasik haji. Mereka menetap di Padang Arafah sampai terbenam matahari dan dari situ mereka akan bergerak ke Muzdalifah untuk menginap di Masy’ar al-Haram sebelum esok harinya pada Idul Adha mereka mendatangi Mina untuk menyempurnakan manasik ibadah haji. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*