Pengungsi Irak 6Arbil, LiputanIslam.com –  Operasi pembebasan kota Mosul di Irak utara dari pendudukan kelompok teroris ISIS dikabarkan semakin dekat. Menjelang operasi ini, Kementerian Imigrasi Iran dan kementerian dalam negeri pemerintahan semi-otonomi Kurdistan Irak meneken kesefahaman untuk menangani para pengungsi yang diperkirakan akan mencapai hampir 1 juta jiwa.

Kesefahaman itu diteken oleh Menteri Imigrasi Irak Darbaz Mohammad dan Menteri Dalam Negeri Kurdistan Irak Karim Sinjari, Kamis (13/10/2016).

“Sesuai kesepakatan ini, semua fasilitas Baghdad, Arbil, dan PBB akan dikerahkan seoptimal mungkin untuk penampuangan para pengungsi,” ungkap Darbaz Mohammad.

Dia menambahkan bahwa kota-kota di wilayah Kurdistan akan menjadi tempat penampungan pengungsi, dan setelah Mosul berhasil dibebaskan maka mereka secara bertahap akan dipulangkan.

Dilaporkan bahwa sejauh ini lebih dari 1000 tenda sudah didirikan di kawasan Khazir untuk penampungan pengungsi, dan jumlah itu masih minim untuk dapat menampung semua pengungsi sehingga masih dperlukan bantuan internasional.  Apalagi, Deputi Utusan Khusus Misi Kemanusiaan PBB untuk Irak Lise Grande memperkirakan bahwa jumlah pengungsi bahkan bisa membludak hingga 2.3 juta jiwa. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL