Baghdad, LiputanIslam.com –  Menjelang operasi militer besar-besaran untuk pembebasan kota Tal Afar di barat Mosul, Irak utara, beberapa pesawat milik negara ini telah menyebar ribuan selebaran dari angkasa kota tersebut, Sabtu (19/8/2017).

Sebelaran itu berisikan imbauan kepada penduduk setempat supaya menjauhi posisi-posisi kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) agar warga nanti terlindung dari serangan pasukan Irak.

Juru bicara komando operasi gabungan pasukan Irak mengatan, “Barbagai cara untuk melindungi jiwa warga sipil Tal Afar sudah dipikirkan.”

Dilaporkan bahwa pasukan Irak sudah bersiap-siap untuk memulai operasi pembebasan Tal Afar dari pendudukan ISIS.

Sementara itu, Mohammad Yunus al-Abdu alias Abu Maryam, salah satu tokoh ISIS, tewas dalam serangan pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi di kawasan sekitar Tal Afar.

Sebelumnya, Nasrullah Fathullah, salah seorang perwira badan kontra-terorisme Irak di Arbil mengatakan, “Untuk pembebasan Tal Afar sebanyak 35 personil angkatan bersenjata sudah ditempatkan di sekitar kota ini.”

Sejak Selasa lalu jet-jet tempur Irak sudah memulai serangan udara ke posisi-posisi ISIS di Tal Afar.

Tal Afar yang dihuni oleh lebih dari 205,000 warga termasuk satu di antara beberapa kota kecil yang hingga masih dikuasai kawanan teroris ISIS di Irak sejak Juni 2014 sampai sekarang. (mm/almayadeen/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL