بدء سريان هدنة إنسانية في غزة لمدة ثلاثة أيامGazaCity, LiputanIslam.com – Hingga beberapa saat sebelum gencatan senjata Palestina-Israel di Jalur Gaza yang dimulai sejak Jumat (1/8) pukul 08.00 waktu Palestina untuk jangka 72 jam ke depan, total jumlah syuhada Palestina membengkak lagi menjadi 1,459 orang, sedangkan korban luka mencapai lebih dari 8,360 orang.

Al-Alam melaporkan bahwa syuhada terbaru adalah delapan orang Palestina dari satu marga, tiga di antaranya anak kecil, akibat gempuran artileri Israel terhadap rumah-rumah mereka yang juga menyebabkan 10 orang lainnya menderita luka-luka di Khan Younis, Jalur Gaza selatan. Selain itu, di kawasan yang sama juga gugur sedikitnya enam orang Palestina sementara 15 lainnya cidera akibat serangan udara Israel yang menimpa sebuah rumah.

Juru Bicara Departemen Kesehatan Palestina di Gaza, Ashraf al-Qudrah, menyatakan proses evakuasi korban terus dilakukan dan telah menghasilkan temuan-temuan korban baru sehingga jumlah korban yang terdata sejauh ini sebanyak 1,458 syuhada dan lebih dari 8,360 korban luka.

Seperti diberitakan sebelumnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan bahwa Hamas dan Israel sepakat menerapkan gencatan senjata kemanusiaan selama 72 jam, dimulai sejak Jumat pagi pukul 08.00 waktu Palestina dengan tujuan memberikan peluang untuk upaya penyelamatan warga yang menjadi korban perang.

Faksi-faksi pejuang Palestina menegaskan akan melanjutkan gempurannya terhadap pasukan Zionis dan wilayah Israel apabila pasukan Zionis melakukan pelanggaran sekecil apapun terhadap gencatan senjata. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL