Teheran, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif secara tak terduga melalui postingannya di Instragram mengaku telah menyampaikan surat pengunduran dirinya.

“Saya bersyukur atas kemurahan hati orang-orang terkasih dan pemberani di Iran dan pihak berwenang yang terhormat selama 67 bulan terakhir,” tulisnya dalam postingan pada hari Senin (25/2/2019).

Dia menambahkan “Saya dengan tulus meminta maaf atas ketidakmampuan melanjutkan layanan [saya] dan semua kekurangan selama masa jabatan [saya],” tambahnya. “Semoga kamu bahagia dan bangga.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Sayyid Abbas Mousavi, mengkonfirmasi kepada IRNA bahwa Zarif memang mengundurkan diri.

Presiden Hassan Rouhani belum mengkonfirmasi pengunduran diri Zarif. Kepala Staf Presiden Iran, Mahmoud Vaezi, “dengan keras” membantah laporan bahwa Rouhani telah menerima pengunduran diri tersebut.

Diplomat berusia 59 tahun itu menjabat sebagai menteri luar negeri Iran  setelah Rouhani menjabat sebagai presiden pada 2013.

Zarif diangkat kembali di jabatan itu ketika Rouhani menjabat lagi sebagai presiden. Selama mengemban jabatan itu Zarif gigih mengusung wacana penolakan terhadap Iranophobia dan menggalakkan interaksi internasional.

Dia juga berperan besar dalam negosiasi yang bermuara pada kesepakatan nuklir negaranya dengan dan beberapa negara terkemuka dunia pada tahun 2015. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*