bendera iran di gazaWashington, LiputanIslam.com –   Hasil jajak pendapat yang diselenggarakan oleh Institut Washingon untuk Kebijakan Timur Dekat ( Washington Institute for Near East Policy) menyebutkan bahwa mayoritas orang Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza mendukung kebijakan Republik Islam Iran.

Sebagaimana diberitakan IRNA, Kamis (13/8), dalam hasil jajak pendapat itu tercatat bahwa 55 persen penduduk Tepi Barat dan 57 persen penduduk Jalur Gaza menilai kebijakan Iran “baik”, sedangkan 29 persen penduduk Tepi Barat dan 12 persen penduduk Gaza menilai “sangat baik”.

Sebagaimana juga dilansir  Jewish Telegraph Agency, hasil jajak pendapat yang melibatkan 919 responden Palestina ini juga menunjukkan bahwa 45 persen responden di Tepi Barat dan 43 persen di Gaza memandang kebijakan Iran “cukup buruk” atau “sangat buruk”.

Jajak pendapat ini diselenggarakan pada tanggal 7 hingga 19 Juni ketika Iran sedang terlibat perundingan nuklir secara maraton dengan enam negara besar dunia yang tergabung dalam P5+1, yaitu lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB plus Jerman.  Para responden ditanya pendapat mereka tentang Iran dan negara-negara sekitar.

Di tanya tentang gerakan Hizbullah yang berbasis di Lebanon, responden Palestina, 69 persen di Tepi Barat dan 57 persen di Gaza menyatakan setuju dan mendukung  organisasi pejuang Lebanon yang notabene sekutu Iran tersebut. Sedangkan untuk faksi pejuang Palestina Jihad Islam yang berbasis di Jalur Gaza dan juga merupakan sekutu Iran, dukungan mencapai 71 persen di Tepi Barat dan 84 persen di Jalur Gaza.(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL