yaman polisiSanaa, LiputanIslam.com – Kawanan bersenjata yang diduga sebagai anggota jaringan teroris al-Qaeda melancarkan serangan mengejutkan di Sanaa, ibu kota Yaman, Jumat (9/5/2014). Kali ini mereka beraksi di lokasi dekat istana presiden Yaman. Selain itu, di ltempat lain mereka berusaha menghabisi menteri pertahanan yang berada di dalam mobil.

Sumber keamanan Yaman menyebutkan empat tentara Yaman tewas dalam baku tembak yang berlangsung selama sekitar satu jam ketika kawanan itu menyerang gerbang utama presiden. Saat itu Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi tidak sedang berada di dalam istana.

Usai kontak senjata aparat segera memblokir kota Sanaa dengan mendirikan pos-pos pemeriksaan di semua gerbang kota Sanaa.

Beberapa lama setelah insiden di gerbang istana presiden Yaman, terdengar ledakan di lokasi dekat gedung intelijen di distrik lain kota Sanaa, namun belum ada keterangan mengenai akibat ledakan itu.

Di hari yang sama, Menteri Pertahanan Nasir Ahmad lolos dari sergapan maut dalam sebuah serangan kawanan terduga anggota al-Qaeda terhadap iring-iringan mobil sang menteri di sebuah wilayah provinsi Shabwa. Serangan ini dilakukan sebagai balasan terhadap pejabat yang dianggap bertanggungjawab atas serangan masif tentara negara ini terhadap milisi al-Qaeda selama hampir dua tahun terakhir.
Sebelumnya, tentara Yaman mengaku berhasil menguasai Azzan yang menjadi pangkalan milisi al-Qaeda di provinsi tersebut.

Aparat keamanan Yaman kerap mendapat serangan dari kelompok bersenjata, terutama di kawasan selatan dan timur negara ini.
31 Agustus 2013, konvoi mobil Perdana Menteri Taman Mohammed Salim Basindawa di Sanaa diserang kelompok bersenjata, namun pejabat itu selamat. Desember 2012, dua orang bersenjata menembak mati Letkol Mutei Baqatyan di kota Mukalla. Dan pada September 2012, Menteri Pertahanan Yaman menderita luka cukup parah dan 12 orang lainnya terbunuh akibat ledakan bom mobil yang ditujukan terhadap iring-iringan mobil sang menteri di jantung kota Sanaa. (mm/reuters/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL