غارات اسرائيلية تحصد مدنيين والحصيلة ترتفع الى نحو 100GazaCity, LiputanIslam.com – Perang kian berkobar dan terbendung di Jalur Gaza. Di saat Kementerian Pertahanan Israel mengumumkan operasi darat “secara terbatas” di Jalur Gaza, faksi militer gerakan Fatah, Brigade Syuhada al-Aqsha, mulai ikut bertempur melawan kaum Zionis Israel, sedangkan sayap militer Hamas, Brigade al-Qassam, mengumumkan operasi baru dengan sandi “al-Ashf al-Maakul” untuk menghadapi serangan darat Israel.

Brigade al-Qassam Jumat (11/7) menyatakan siap melayani operasi darat sampai beberapa minggu ke depan. Sedangkan pihak Kemhan Israel menyatakan operasi darat dilakukan secara terbatas. Dia tidak menyinggung soal invasi.

Brigade Syuhada al-Aqsha mengaku telah meluncurkan empat roket jenis 103 ke arah Israel alias Palestina Pendudukan 1948 pada Kamis tengah malam (10/7).

Sumber-sumber dari faksi Fatah Palestina menyatakan kepada Rai al-Youm bahwa sayap-sayap militer di Jalur Gaza telah bersepakat dengan Hamas untuk berperang membela bangsa Palestina dan mengabaikan sikap politik gerakan Fatah. Menurut sumber-sumber tersebut, Brigade Syuhada al-Aqsha akhirnya ikut mengangkat senjata melawan Israel.

Jumlah syuhada Palestina terus membengkak menjadi sedikitnya 98 orang, 20 di antaranya anak kecil dan 17 perempuan, sejak Israel melancarkan operasi militer bersandi Protective Edge pada Senin sore (7/7) lalu sampai sekarang . Sedangkan korban luka mencapai sekitar 1000 orang. Syuhada terbaru adalah enam warga Palestina, satu di antaranya perempuan usia tujuh tahun, yang gugur akibat serangan udara Zionis ke sebuah rumah di kota Rafah, Jalur Gaza, Jumat pagi (11/7). Jenazah para korban dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi sudah hancur.

Tel Aviv menyatakan operasi militernya ditujukan untuk melumpuhkan kekuatan para pejuang Palestina, tapi sejak hari pertama serangan udaranya tempat-tempat yang menjadi sasaran kebanyakan justru rumah-rumah penduduk hingga banyak jatuh korban sipil, termasuk perempuan dan anak kecil. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL