Beirut, LiputanIslam.com –  Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) melaporkan bahwa Israel telah melancarkan serangan udara terhadap sebuah gudang senjata milik kelompok pejuang Hizbullah dekat Bandara Internasional Damaskus, Suriah, pada Kamis malam (21/9/2017), sementara pasukan pertahanan udara Suriah berhasil merontokkan pesawat tempur nirawak Israel.

Sumber-sumber informasi menyebutkan bahwa pasukan pertahanan udara Suriah telah menghadapi serangan udara Israel terhadap sebuah posisi dekat bandara tersebut.

Pakar militer dan strategi Suriah Brigjen Mohammad Isa, Jumat (22/9/2017), memastikan rudal-rudal Israel pada Kamis malam telah menyerang sebuah posisi dekat Bandara Internasional Damaskus, dan pada 27 Mei 2017 tentara Suriah berhasil menembak jatuh pesawat nirawak Israel yang telah menghabisi tiga tentara Suriah.

Ketua Eksekutif SOHR Rami Aldurrahman mengatakan kepada AFP, “Jet-jet tempur Israel telah merudal sebuah arsenal milik Hizbullah dekat Bandara Internasional milik Hizbullah Lebanon dekat Bandara Internasional di Damaskus. Bandara ini berjarak 25 kilometer di tenggara Damaskus, ibu kota Suriah.”

Sejak pecah perang di Suriah pada tahun 2011 Israel telah berulangkali menyerang sasaran-sasaran di Suriah atau sasaran Hizbullah. Peristiwa terbaru terjadi 7 September ketika serangan udara menggempur sebuah posisi dan bagian barat Suriah.

Suriah dan Israel masih terkurung dalam suasana perang. Sejak Juni 1967 Israel menduduki Dataran Tinggi Golan seluas 1200 kilometer persegi milik Suriah.  Israel kemudian mengumumkan aneksasi kawasan ini pada tahun 1981, tapi tidak mendapat pengakuan internasional, sementara wilayah seluas 510 kilometer persegi di kawasan ini masih dikuasai Suriah.

Sedangkan Hizbullah telah beberapa kali berperang melawan Israel di Lebanon selatan. Perang yang terbaru di antaranya berkobar pada tahun 2006 dan menewaskan lebih dari 1200 orang yang sebagian besar adalah warga sipil di Lebanon, dan 160 orang di pihak Israel yang sebagian besar adalah militer.

Sejak tahun 2013 Hizbullah secara terbuka ikut berperang di Suriah membela pemerintahan Presiden Bashar al-Assad melawan pemberontakan dan terorisme, dan dalam perang ini Hizbullah andil besar dalam kemenangan pasukan pemerintah. (mm/rayaloum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL