Damaskus, LiputanIslam.com –  Sumber Kementerian Luar Negeri Suriah menyatakan bahwa Israel melancarkan serangan rudal ke kawasan sekitar Bandara Internasional Damaskus, Selasa (26/6/2018), dengan tujuan mendongkrak mental kawanan bersenjata yang belakangan ini tertekan hebat oleh operasi militer Pasukan Arab Suriah (SAA) di bagian selatan negara ini.

“Dalam beberapa hari terakhir ini SAA telah merebut kembali area seluas ratusan kilometer persegi di kawasan Lajah di provinsi Daraa dan Suwaydah serta kawasan Badiyah Suriah yang membentang di provinsi Homs, Damaskus, dan Deir Ezzor,” ujarnya.

Dia menjelaskan, “Berbagai data dan laporan dari lapangan mengkonfirmasi adanya ikatan erat antara kawanan teroris dan Israel yang terlibat langsung dalam dukungan kepada mereka setelah mereka menderita kekalahan di depan satuan-satuan militer Suriah yang terus melanjutkan perangnya terhadap teroris untuk membasmi mereka secara total di seluruh wilayah Suriah.”

Dua rudal telah jatuh di dekat Bandara Internasional Damaskus dini hari Senin. Media Suriah menyebutkan bahwa dua rudal ini jatuh bersamaan dengan beroperasinya sistem pertahanan udara Suriah untuk menghancurkan obyek asing di angkasa Quneitra.

Sementara itu, media resmi Suriah di Damaskus melaporkan bahwa SAA memulai persiapan operasi serangan terhadap teroris di wilayah tenggara kota Daraa.

Kantor berita Suriah, SANA, menyebutkan bahwa persiapan itu dimulai bersamaan dengan gerak maju pasukan SAA di tenggara kota Daraa menuju area fasilitas al-Sawami. SAA berusaha memutus jalur logistik kawanan teroris di kawasan antara Tariq al-Sad dan Daraa al-Balad hingga perbatasan Yordania.

Sebelumnya, SANA mengutip keterangan sumber militer bahwa SAA telah merebut kembali distrik Basar al-Harir dan Malihah al-Atash di bagian timur laut provinsi Daraa serta menimpakan kerugian besar pada kelompok teroris Jabhat al-Nusra. (mm/alalam/sana)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*