Nazaret, LiputanIslam.com –  Koran Israel Yedioth Ahronoth, Senin (4/6/2018), mengutip pernyataan sumber-sumber papan atas di Tel Aviv  menyebutkan bahwa Pemimpin Hizbullah Sayyid Hassan Nasrallah sedemikian tekun mencermati keadaan di Israel sehingga bahkan melihat semua acara televisi Israel, tak terkecuali acara masak.

Menurut sumber-sumber itu, dalam sebuah pertemuan tertutup terungkap bahwa Nasrallah tidak hanya mementingkan apa yang terjadi di Israel secara militer dan intelilen, melainkan juga memperhatikan program-program televisi yang diikuti oleh masyarakat Zionis Israel. Ketika pindah dari saluran ke saluran televisi, Nasrallah antara lain heran kepada besarnya minat mereka kepada acara memasak di televisi.

Sumber-sumber Israel itu mengatakan bahwa perhatian pemimpin Hizbullah itu menunjukkan bahwa dia mengetahui seluk beluk masyarakat Israel dan memandang mereka sebagai masyarakat yang letih, bergerak menuju keterpurukan, melemah, dan tidak akan sanggup berperang.

Ray al-Youm dalam laporan khususnya, Senin, melaporkan bahwa menurut kajian akademik Tel Hai College di Israel utara, sekira 80 persen masyarakat Israel justru percaya kepada pernyataan-pernyataan Nasrallah, termasuk bahwa “Israel lebih ringkih daripada sarang laba-laba”, sedangkan 20 persen sisanya tetap percaya kepada pernyataan para pemimpin mereka sendiri.

Sumber-sumber Israel menyebutkan pernyataan Nasrallah sangat menentukan dalam urusan perang maupun damai, dan karena itu setelah era pemimpin Mesir mendiang Gamal Abdel Nasser Israel tidak pernah mempertimbangkan pemimpin Arab setara dengan Abdel Nasser kecuali setelah di dunia Arab muncul satu bintang bernama Sayyid Hassan Nasrallah.

Menurut Ray al-Youm, seorang penulis resmi Israel menggambarkan Nasrallah sebagai sosok kharismatik yang tekun dan setiap hari mengikuti perkembangan situasi Israel sehingga tahu persis apa terjadi di tengah masyarakat maupun di kancah politik Israel, dan pada gilirannya dia dapat memanfaatkannya dalam menyampaikan pesan-pesan keras kepada para pemimpin dan masyarakat Israel dalam pidato-pidatonya yang selalu ditayangkan secara langsung oleh berbagai saluran televisi berbahasa Arab.

Ray al-Youm juga mengutip pernyataan Menhan Israel Avigdor Lieberman di tangan Nasrallah Hizbullah telah menjadi kekuatan militer terbesar di Timteng setelah Israel. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*