sains iran 01TelAviv, LiputanIslam.com – Rezim Zionis Israel belum lama ini melansir data dan laporan bernada peringatan mengenai sepak terjang Iran untuk menyudahi keterdepanan Israel di bidang sains di Timteng.

Menurut laporan portal berita al-Ahed, Selasa (8/12) saluran 2 televisi Israel Senin lalu (7/12) melaporkan bahwa data-data yang diperoleh Samuel Neaman Institute di Tel Aviv menunjukkan Iran sedang mempersempit kesenjangan di bidang sais dan teknologi serta mengancam keunggulan Israel di sektor sumber dana manusia (SDM).

Penelitian terbaru mengenai perbandingan SDM di Israel, Turki dan Iran menunjukkan bahwa dalam satu dekade terakhir jumlah mahasiswa di Israel dan Turki tidak bertambah, sementara jumlah mahasiswa di Iran bertambah secara mencengangkan, yaitu 25 kali lipat.

Hasil penelitian juga mendata banyak fakta mengenai kemajuan sains dan teknologi Iran di berbagai bidang.

Berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Shanghai Ranking Consultancy mengenai universitas-universitas unggulan di dunia, Iran menempati urutan atas, sementara jumlah terbitan dan penelitian yang telah dilakukan dan dipublikasikan oleh berbagai universitas dan fakultas Iran melampaui peringkat Israel.sains iran 02

Di bidang cyber, Iran juga mengalami perkembangan pesat hingga menimbulkan keresahan para staf bidang intelijen pasukan Israel, IDF, dan dinas rahasia Mossad karena para ilmuwan cyber Iran bahkan ada yang berhasil mengeruk banyak data dari Israel.

Televisi Israel itu juga menyebutkan bahwa Israel harus membentengi lingkungan cybernya dengan sistem supercanggih supaya aman dari serangan para peretas Iran. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL