AlQuds, LiputanIslam.com –  Seorang petinggi militer Israel mengklaim bahwa koordinasi negara Zionis ini dengan Rusia masih sama dengan sebelum insiden tertembak jatuhnya pesawat militer Il-20 Rusia yang menewaskan 15 awaknya di Suriah pada Senin malam lalu (17/9/2018).

Petinggi yang enggan disebutkan identitasnya itu mengatakan kepada wartawan, “Tak ada perubahan mengenai mekanisme non-engagement (antara Israel dan Suriah) akibat peristiwa mengenaskan ini. Mekanisme gencatan senjata dan tindakan operasional antara kami dan tentara Rusia masih utuh dan tidak berubah.”

“Non-engagement” di sini adalah istilah yang mengacu pada pertukaran informasi antara Rusia dan Israel serta antisipasi kemungkinan terjadinya benturan antara keduanya. Mekanisme atau koordinasi ini ditetapkan oleh Israel dan Rusia untuk menghindari konfrontasi antara pasukan Rusia dan pasukan Israel di Suriah sejak Rusia turun tangan membela pemerintahan Presiden Suriah Basyar al-Assad pada tahun 2015.

Namun, koordinasi ini terusik keras oleh insiden jatuhnya Il-20 akibat salah tembak sistem pertahanan udara Suriah yang saat itu beroperasi untuk melawan serangan udara Israel.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam statemen resmi pertamanya terkait insiden itu menunjukkan reaksi keras dengan menyebut serangan Israel saat itu sebagai tindakan tak bertanggungjawab karena jet-jet tempur Israel diketahui menyelinap di balik pesawat Rusia sehingga kemudian pesawat Rusialah yang terkena tembakan.

Tapi belakangan ini Presiden Rusia Vladimir Putin tampak mengendurkan nadanya dengan menyebutkan adanya “serangkaian situasi aksidentil yang memprihatinkan”.

Menurut petinggi militer Israel, delegasi militer Israel pimpinan Jenderal Amikam Norkin Kamis lalu telah berkunjung ke Moskow untuk menyatakan keprihatinannya atas terbunuhnya tentara Rusia serta menjelaskan ihwal kejadian tersebut sembari mengklaim bahwa pihak Suriahlah yang bertanggungjawab karena “tidak profesional” dalam mengoperasikan sistem pertahanan udaranya. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*