AlQuds, LiputanIslam.com –  Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengaku bahwa dalam operasinya yang bersandi Perisai Utara telah memulai proses penyegelan dan penghancuran terowongan Hizbullah yang menyusup dari Lebanon selatan ke Israel utara.

IDF menyebutkan bahwa penghancuran akan dilakukan dengan sejumlah cara untuk menghapus ancaman dan mencegah Hizbullah menggunakannya untuk menyerang Israel.

Juru bicara IDF Brigjen Ronen Manelis mengatakan bahwa penghancuran terowongan itu terjadi di wilayah Israel dan Hizbullah tidak akan bisa menggunakannya lagi.

IDF menjelaskan bahwa pihaknya melanjutkan operasi “seperti yang direncanakan” untuk mengidentifikasi terowongan lain yang digali di sepanjang perbatasan.

Manelis kemudian mengingatkan pemerintah Lebanon dengan menyebutnya “bertanggung jawab atas penggalian terowongan dari wilayah Lebanon.

“Ini adalah pelanggaran serius terhadap kedaulatan Israel dan Resolusi 1701,” imbuhnya.

Dilaporkan bahwa terowongan yang ditemukan oleh militer di perbatasan Lebanon memiliki karakteristik yang berbeda dengan terowongan yang digali oleh para pejuang Palestina di Jalur Gaza. Terowongan yang digali Hizbullah sebagian ditunjang beton, dan sebagian lainnya dibenamkan langsung ke batu. (mm/raialyoum/tjejerussalempost)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*