BaitulMaqdis LiputanIslam.com –  Israel mengaku mendapat serangan beberapa roket di Eilat, Rabu malam (8/2/2017), setelah sebelum menyatakan terjadi serangan dari wilayah Suriah, sementara Hamas mengancam akan melesatkan rudal ke Israel.

Komando Selatan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan empat roket telah ditembakkan dari wilayah Mesir, tiga di antaranya dapat dicegat oleh sistem pertahanan udara Kubah Besi (Iron Dome) milik Israel.

Tak ada laporan mengenai korban ataupun kerusakan akibat serangan ini, tapi sedikitnya empat orang dibawa ke rumah sakit Yeseftal, Eilat, karena trauma.

Sirine di kota pesisir ini dan di Dewan Regional Eilot dibunyikan tak lama menjelang pukul 23.00 waktu setempat.  Penduduk di kawasan mengaku mendengar beberapa suara ledakan segera setelah sirine dibunyikan.

Serang Suriah

Sore hari sebelumnya, IDF menyatakan selongsong peluru tank dari arah Suriah telah jatuh di area terbuka di Dataran Tinggi Golan.

IDF menyatakan serangan ini merupakan imbas perang Suriah di mana Israel bukanlah target serangan. IDF meresponnya dengan menyerang sebuah target di bagian utara Dataran Tinggi Golan milik Suriah, dan menegaskan, “IDF tidak menoleransi serangan apapun terhadap kedaulatan atau keamanan warganya, dan memandang rezim Suriah bertanggungjawab atas apa yang terjadi di wilayahnya.”

Hamas Ancam Luncurkan Rudal

Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, merilis video animasi propaganda berisi ancaman menggempur Israel dengan rudal, menyusul serangan udara Israel awal pekan ini.

Dalam video ini terlihat ilustrasi ledakan-ledakan yang di kota Baitul Maqdis, Tel Aviv dan kota-kota Israel lainnya disertai kalimat-kalimat ancaman.

“Kami berjanji, rudal-rudal akan mencapai Zionis di manapun mereka berada,” bunyi ancaman itu.

Media Israel dan Palestina Rabu pagi kemarin (8/2/2017) menyiarkan penggalan video itu setelah tersebar di berbagai situs internet Selasa malam.

Senin lalu beberapa jet tempur Israel melancarkan 19 kali serangan udara terhadap posisi-posisi Hamas di Jalur Gaza dengan dalih membalas serangan roket kelompok tak dikenal terhadap wilayah selatan Israel. Tak ada laporan mengenai apakah serangan udara Israel itu menjatuhkan korban atau tidak.

Koran Israel Yedioth Ahronoth menyebut Hamas menggunakan video propaganda demikian demi mencegah operasi militer Israel di Jalur Gaza yang dikuasai oleh Hamas.  (mm/jerussalempost/arutzshiwa/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL