permukiman zionis israelBaitulMaqdis, LiputanIslam.com – Rezim Zionis Israel tampak bersikukuh untuk melanjutkan ketegangan di bumi Palestina. Dalam perkembangan terbaru rezim ilegal yang menjajah negeri Palestina ini menerbitkan izin proyek pembangunan 800 unit permukiman baru Zionis di wilayah Tepi Barat.

Seperti dilaporkan AFP, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Perang Israel Avigdor Lieberman, Senin (4/7), mengumumkan izin pembangunan 560 unit tempat tinggal di kawasan permukiman Maale Adumim di Baitul Maqdis timur.

Selain itu, keduanya juga mengumumkan bahwa sebanyak 240 unit rumah baru di kawasan-kawasan permukiman Zionis di Baitul Maqdis timur juga akan dibangun.

Rezim Zionis menduduki bagian timur Baitul Maqdis dalam perang enam hari pada tahun 1967. Kawasan ini dikemudian hari dimasukkan ke dalam wilayah Israel (Palestina pendudukan tahun 1948), namun sampai sekarang tindakan itu tidak mendapat pengakuan dari masyarakat internasional.

Rezim penjajah ini juga mengklaim Baitul Maqdis sebagai pusat pemerintahannya, sementara pihak Palestina menegaskan bahwa Baitul Maqdis adalah ibu kota bagi negara Palestina merdeka di masa mendatang.

Persoalan Baitul Maqdis yang dihuni oleh lebih dari 300,000 orang Palestina merupakan isu paling krusial dalam konflik Palestina-Israel.

Berdasarkan undang-undang internasional dan pasal 49 Konvensi IV Jenewa, pendirian permukiman Zionsi di wilayah pendudukan merupakan tindakan ilegal, dan Israel dilarang merelokasi warga Zionis ke kawasan pendudukan.

Tangkap 34 Orang Palestina

Pasukan Zionis juga terus melancarkan penangkapan orang-orang Palestina. Kantor berita Palestina, Maan, Senin (4/7), melaporkan bahwa pasukan Zionis Minggu malam hingga Senin pagi telah menangkapi orang-orang Palestina di berbagai wilayah Tepi Barat, termasuk Baitul Maqdis dan al-Khalil.

Asosiasi Tahanan Palestina menyatakan pasukan Zionis menangkap 34 warga Palestina, dengan rincian 17 orang di Baitul Maqdis dan kamp pengungsi Qalandia, 8 orang di al-Khalil, 4 orang di Bethlehem, 3 orang di Tulkarem, dan 2 orang di Jenin.

Pasukan Zionis setiap hari melakukan penangkapan orang Palestina dengan berbagai dalih. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL