Palestina Hamas DroneTel Aviv, LiputanIslam.com – Militer Israel mengklaim bahwa kelompok-kelompok pejuang Palestina sedang memroduksi pesawat nirawak (drone) rancangan Iran dengan tujuan menyerang target-target di dalam wilayah Israel. Demikian dilaporkan World Tribune, Minggu (2/11).

Sumber-sumber militer Israel mengatakan bahwa untuk pertama kalinya Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, dan kelompok Jihad Islam membuat pesawat taktis nirawak yang berbasis desain Iran. Menurut mereka, upaya para pejuang Palestina itu dibantu oleh Hizbullah yang bekersajama dengan Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC).

“Pewasat nirawak sekarang dianggap sebagai prioritas bagi Hamas dan Jihad (Islam), termasuk untuk pemantauan, tapi sebagian besar dimaksudkan untuk melancarkan serangan jauh terhadap Israel,” ujar sebuah sumber yang tak disebutkan namanya.

Sumber-sumber itu menyebut Hamas telah mengujicoba platform pesawat nirawak pertamanya, sementara Hizbullah dan IRGC telah mengajarkan kepada para klien Palestinanya cara penggunaan komponen komersial yang tersedia untuk pengembangan pesawat nirawak.
“Hamas menggali terowongan-terowongan penyerangan, memroduksi pesawat nirawak dan memperluas jarak jangkau roket-roketnya,” kata analis militer Israel Alex Fishman.

Dalam peristiwa invasi militer Israel ke Jalur Gaza yang berlangsung selama 50 hari pada Juli hingga Agustus 2014, Hamas telah menerbangkan pesawat nirawaknya ke Israel, termasuk platform yang dipenuhi bahan peledak.

Sumber-sumber itu menambahkan bahwa pesawat nirawak para pejuang Palestina diyakini berbasis drone Ababil buatan Iran yang telah dioperasikan oleh Hizbullah sejak hampir satu dekade dan telah berhasil menembus angkasa Israel dari wilayah Lebanon.
“Konflik terbaru telah memberi arah kepada Hamas untuk pengembangan pesawat nirawak masa mendatang,” ungkap seorang narasumber. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL