robot seranggaGazaCity, LiputanIslam.com – Para pejuang Palestina di Gaza dilaporkan telah menemukan robot-robot serangga yang terbang dan diduga sebagai kiriman Israel untuk memantau gerakan para pejuang Palestina dan mengungkap tempat penyekapan tentara Zionis tertawan di Jalur Gaza. Demikian dilaporkan Rai al-Youm, Senin (23/3/2015), berdasarkan laporan laman keamanan Palestina, al-Majd al-Amni, yang dekat dengan Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas.

Laman itu menyebutkan bahwa berdasarkan keterangan narasumber yang membidangi “teknologi keamanan”, satuan-satuan pejuang Palestina di Jalur Gaza belakangan ini telah menemukan “serangga-serangga elektronik” dengan ukuran yang tidak lebih besar daripada burung gereja dan dikendalikan untuk memata-matai pergerakan elemen-elemen muqawamah (perlawanan) demi mengungkap tempat penyembunyian tawanan Israel.

Sumber itu menjelaskan bahwa robot-robot serangga itu memiliki memori yang menyimpan gambar-gambar yang diambil oleh robot, dan dari hasil analisa atas gambar-gambar itu diketahui bahwa serangga palsu itu merupakan robot mata-mata canggih tentara Israel.

“Serangga-serangga itu dari kejauhan terlihat seperti burung biasa atau serangga kecil, tapi ternyata adalah alat spionase yang digunakan intelijen Israel untuk pengintaian dan spionase, sebagai aplikasi mini teknologi digital paling mutakhir,” ungkapnya.

Menurutnya, robot-robot mini itu dilengkapi komponen GPS, berkemampuan mengirim sinyal serta dapat menyusup ke bangunan melalui celah-celah kecil dengan dikendalikan melalui satelit. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*