Beirut, LiputanIslam.com –  Israel dilaporkan telah melancarkan serangan udara ke kawasan Al-Kiswah, provinsi Damaskus, tepatnya di lokasi antara daerah Sahanaya dan Al-Kiswah, di selatan Damaskus, ibu kota Suriah.

Disebutkan bahwa seangan itu dilakukan dengan melesatkan rudal dari udara ke darat dari zona udara Lebanon dengan sasaran yang diduga sebagai gudang senjata Divisi I Pasukan Arab Suriah (SAA).

Namun ada pula yang menyebutkan bahwa serangan rudal itu dilancarkan melalui wilayah pendudukan Palestina, sementara SAA berusaha merontokkan rudal tersebut.

Media daerah setempat menyatakan bahwa jet tempur Israel dari zona udara Lebanon telah menyerang pangkalan militer Iran yang didirikan di kawasan Al-Kiswah dekat Damaskus.

Bulan lalu surat kabar Israel Jerussalem Post  mengutip laporan BBC yang melansir pernyataan sumber intelijen Barat bahwa Iran sedang membangun sebuah fasilitas militer baru di Al-Kiswah yang menjadi satu di antaranya sekian banyak  tempat yang diduga sebagai markas Iran di Suriah dan menggambarkan bagaimana Iran menggalang eksistensi permanen di negara ini.

K antor Menteri Pertahanan Avigdor Liberman saat itu menegaskan “Kami tidak akan mengizinkannya (Suriah) digunakan sebagai basis operasi maju poros Syiah.”

Fasilitas baru ini terletak di dekat jalan raya M5 yang mengarah ke selatan dari Damaskus menuju Yordania sekitar 30 km, dan berjarak 50 km dari Quneitra di sebelah perbatasan dengan Israel. (mm/rayalyoum/jerussalempost)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL