al-juebir dan netanyahuLondon, LiputanIslam.com – Sama-sama membenci Iran, Rezim Zionis Israel dan pemerintah Arab Saudi kompak menyerukan supaya tekanan internasional terhadap Iran tetap dipertahankan. Seruan itu dikemukakan ketika ramai diberitakan bahwa sanksi internasional terhadap Iran akan segera dicabut menyusul kesepakatan nuklir Iran dengan lima negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB plus Jerman yang tergabung dalam P5+1.

Menurut laporan LBC, Jumat (15/1), ketika para pejabat Iran dan sejumlah negara Barat mengatakan bahwa sanksi nuklir Iran akan dicabut dalam beberapa hari mendatang, para petinggi Israel dan Arab Saudi Kamis lalu (14/1) mengingatkan resiko pengurangan tekanan internasional terhadap Iran.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa meskipun kesepakatan nuklir mulai dilaksanakan, tapi tekanan terhadap tetap harus dilanjutkan. Dia meminta Amerika Serikat (AS) mendukung sikap Tel Aviv karena, menurutnya, Iran masih tetap agresif dan melanjutkan politik ekspansif.

Dia juga kembali menuding Iran sebagai negara yang mensponsori terorisme.

“Jaringan pasukan Iran aktif bukan hanya di Timur Tengah, melainkan juga di berbagai wilayah dunia lainnya,” tudingnya.

Di hari yang sama, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir juga menunjukkan sikap serupa. Dia mengaku prihatin dan risau jika aset Iran yang diblokir akhirnya dicairkan.

“Setiap negara di dunia merisaukan masalah ini. Iran memiliki rekam jejak dalam perang, penghancuran, terorisme, destabilisasi dan campurtangan dalam urusan negara lain,” tuduhnya dalam jumpa pers di London, Inggris, bersama sejawatnya dari AS, John Kerry.

Dia menambahkan, “Kerisauan sebagian besar negara ialah jangan-jangan Iran bukannya menggunakan aset itu untuk memperbaiki kondisi rakyatnya, tapi malah memakainya untuk menyokong aksi-aksi pengacauan stabilitas.”

Sesuai kesepakatan yang dijalin di Wina, Austria, 14 Juli 2015, Iran harus membatasi program nuklirnya.

Menurut laporan FNA, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Jumat atau Sabtu (15 – 16/1) akan mengkonfirmasikan pembatasan program nuklir Iran, dan setelah itu sanksi internasional terkait proyek nuklir Iran akan dicabut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL