Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (SDF), Gadi Eizenkot

Nazaret, LiputanIslam.com –  Kepala Staf Pasukan Pertahanan Israel (SDF), Gadi Eizenkot, akan berkunjung ke Washington, Amerika Serikat (AS), untuk mengikuti konferensi para kepala staf angkatan bersenjata negara-negara anggota koalisi internasional anti-ISIS, termasuk sejumlah negara Arab, yang akan diselenggarakan di Washington Rabu 25 Oktober mendatang.

Israel bukan anggota koalisi ini, dan belum pernah terjadi pertemuan seperti ini. Namun, seperti dilaporkan Times of Israel, Sabtu (21/10/2017), Kepala Staf Angkatan Bersenjata AS Joseph Dunford yang akan memimpin pertemuan tersebut kali ini memutuskan untuk mengubah aturan pertemuan demi memungkinkan keterlibatan Israel di dalamnya.

Konferensi ini juga akan dihadiri oleh para kepala staf angkatan bersenjata dari Yordania, Mesir, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab, serta beberapa negara Barat anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Selain Eizenkot, Menhan Israel Avigdor Lieberman sekarang ini juga sudah ada di Washington.

Dalam statemennya mengenai konferensi ini SDF menyebutkan bahwa mereka akan mendiskusikan berbagai ancaman keamanan kolektif, evaluasi keadaan, dan perkembangan situasi keamanan di kawasan Timteng serta isu-isu kerjasama militer.

Dalam beberapa pekan terakhir Israel berkunjung ke Rusia dan AS sebagai bentuk kepanikannya  terhadap potensi penyebaran pasukan Iran atau sekutunya di kawasan dekat perbatasan Israel dengan Suriah, tepatnya di dekat Dataran Tinggi Golan, wilayah Suriah yang diduduki Israel.

Melalui berbagai pertemuan itu Israel berusaha mencari dukungan berbagai pihak kepada sikap Israel terhadap potensi tersebut. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL