Protesters march during a demonstration against potential strikes on the Syrian government, in SanaaBaitulMaqdis, LiputanIslam.com – Koran Israel Jerussalem Post (JP) dalam laporannya yang berjudul “Tel Aviv Cemaskan Sampainya Ansarullah ke Laut Merah” memberitakan kerisauan Israel terhadap jangkauan kelompok yang juga lazim disebut Syiah al-Houthi itu ke kawasan Laut Merah dan jatuhnya kendali perairan strategis Selat Bab al-Mandab ke tangan mereka.

“Dengan berlanjutnya krisis dalam negeri Yaman, kerisauan terus meningkat terhadap sampainya pasukan kelompok ini ke kawasan pantai Laut Merah dan kontrol mereka atas  Selat Bab al-Mandab serta pengaruh strategis hal ini bagi keamanan Israel,” tulis JP Rabu (24/12).

“Dewasa ini Israel sedang berhadapan dengan krisis baru, termasuk  berupa terbentuknya gerakan-gerakan militan semisal Hamas di negara-negara tetangganya,” ungkap Uzi Rabi, direktur Moshe Dayan Center for Middle Eastern Studies di Universitas Tel Aviv.

Menurut JP, Rabi menilai kelompok Ansarullah sebagai ancaman serius bagi Israel dari arah laut.

Sementara itu, koran al-Masdar terbitan Yaman melaporkan bahwa dalam perkembangan terbaru milisi Ansarullah telah merebut kendali markas keamanan politik provinsi Dhamar di bagian tengah negara ini tanpa ada perlawanan sama sekali.

Koran yang dekat partai Perkumpulan Yaman untuk Reformasi ini mengutip pernyataan gerakan Ansarullah bahwa dalam peristiwa tersebut milisi kelompok ini juga telah meringkus satu teroris anggota al-Qaeda. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL