israel Missile systemTel Aviv, LiputanIslam.com – Militer Israel membangun sistem rudal baru di wilayah pendudukan Dataran Tinggi Golan untuk mendukung kelompok-kelompok militan Suriah dan mencegah kemungkinan tentara Suriah (SAA) merebut kembali wilayah pendudukan tersebut.

Menurut laporan TV Israel Channel 1, sumber-sumber keamanan Israel menginformasikan bahwa sistem rudal baru yang diberi nama “Mitar” telah dibangun di Golan untuk mendukung kelompok-kelompok militan dan pemberontak Suriah. Sistem itu mencakup rudal-rudal berjarak tempuh sedang dan jauh.

Media berbahasa Arab Rai al-Youm menyebutkan bahwa Rezim Zionis Israel di wilayah perbatasan hendak mengulang skenario yang pernah ia lakukan di Lebanon Selatan bersama Antoine Lahad yang oleh banyak penduduk Lebanon dipandang sebagai pengkhianat yang memilih berkomplot dengan Israel dalam peristiwa invasi Israel terhadap Lebanon selatan.

Lahad menjadi kepala Tentara Lebanon Selatan pada tahun 1984 dan berkomplot dengan Israel selama dua dekade untuk menumpas gerakan perlawanan Lebanon terhadap pendudukan Israel.

Gelagat Israel terkait Suriah sekarang terjadi menyusul adanya pihak oposisi Suriah yang menyatakan sedang memikir kemungkinan “penjualan” Dataran Tinggi Golan kepada Israel sebagai imbalan atas bantuan militer Israel kepada mereka.

Israel adalah salah satu kekuatan yang paling gigih mensponsori Perang Suriah serta melakukan berbagai provokasi militer di wilayah perbatasan Suriah, khususnya Golan. Sejak Perang Suriah berkobar pada tahun 2011, Israel telah beberapa kali melancarkan serangan udara langsung ke Suriah, mengakibatkan beberapa tentara Suriah tewas. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL