TelAviv, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu usai pertemuan dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron menyatakan Tel Aviv menolak keras kesepakatan gencatan senjata yang diprakarsai Amerika Serikat (AS) dan Rusia di Suriah selatan, karena menurutnya kesepakatan itu dapat menguatkan eksistensi Iran di Suriah.  Demikian dilaporkan koran Israel Haaretz, seperti dikutip Ray al-Youm, Rabu (19/7/2017).

Haaretz juga mengutip keterangan sumber papan atas di Tel Aviv bahwa Israel memahami “niat ekspansif” Iran di Suriah, dan bahwa Iran bukan hanya mengirim penasehat militer di Suriah, melainkan juga akan membangun pangkalan-pangkalan laut dan udara sehingga akan mengubah keadaan di kawasan.

Sebelumnya, lanjut Haaretz, usai pertemuan dengan Netanyahu, Macron menyatakan kesiapannya untuk melakukan upaya diplomatik demi mengatasi “ancaman” senjata Hizbullah di Lebanon.

Beberapa pernyataan keras juga meluncur dari mantan ketua Dewan Keamanan Nasional Israel Yaakov Amidror dalam pertemuan dengan wartawan sejumlah media asing bahwa Israel meningkatkan level ancamannya terhadap Iran. Dia mengingatkan bahwa pembangunan pangkalan-pangkalan militer Iran di Suriah akan membuat Iran dan Hizbullah memiliki posisi yang dekat untuk meluncurkan rudal-rudalnya ke Israel.

Dia memastikan Israel akan melakukan segala sesuatu dan dengan harga apapun untuk mencegah hal tersebut jika pihak lain semisal AS dan Rusia tidak mencegahnya.

“Kami tidak akan membiarkan Iran maupun Hizbullah Lebanon memanfaatkan kemenangan mereka dalam perang panjang Suriah untuk menguatkan misinya menyentuh Israel,” katanya.

Amidror memang  bukan lagi pejabat resmi Israel, namun dia merupakan sosok penting di mata kabinet Netanyahu. Dia mengatakan hal tersebut sehari setelah Netanyahu di Paris mengecam kesepakatan AS-Rusia untuk penerapan gencata senjata di Suriah selatan, dan pernyataan ini mendapat perhatian dari sejumlah pejebat Israel.  (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL