korban israel08GazaCity, LiputanIslam.com – Rezim Zionis Israel mengakui dua lagi pasukan tewas disergap oleh sayap militer Hamas, Brigade Ezzedin al-Qassam, di Jalur Gaza selatan, demikian dilaporkan The Palestinian Information Center (PIC). Dua korban tewas itu dievakuasi dengan cara menembakkan bom asap terlebih dahulu secara masif untuk menutupi lokasi evakuasi. Kedua tentara itu tewas dalam pertempuan yang terjadi di Jalur Gaza Sabtu (26/7) dini hari.

Brigade al-Qassam sendiri menyatakan bahwa salah satu regunya telah melancarkan operasi penyergapan terhadap pasukan pejalan kaki Israel di kawasan Kisufi di timur laut Khan Younis, Jalur Gaza selatan, hingga terjadi kontak senjata sengit dari jarak dekat.

Sehari sebelumnya militer Israel menyatakan dua tentaranya tewas, tetapi pihak pejuang Palestina menyebutkan bahwa korban tewas di pihak tentara Israel jauh lebih besar. Saat itu militer Israel juga menyebutkan angka 37 untuk jumlah anggotanya yang tewas.

Militer Israel juga menyebutkan bahwa sebanyak 35 anggota menderita luka-luka, tiga di antaranya parah, 13 sedang, dan 19 lainnya ringan, dalam pertempuran yang terjadi di Jalur Gaza Jumat malam.

Sementara itu, para saksi mata dan peneduduk setempat menyatakan bahwa pada Sabtu pagi tentara Israel melanggar “gencatan senjata kemanusiaan” dengan menembaki orang-orang Palestina di gerbang distrik Khuzaah di timur kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan. Gencatan senjata itu sendiri disepakati berlaku sejak pukul 08.00 waktu setempat hingga 12 jam kemudian.

Para saksi mata itu mengatakan, ketika mobil-mobil ambulan berdatangan ke distrik Khuzaah yang dilanda serangan masif Israel, tentara Zionis tiba-tiba melepaskan tembakan ke arah penduduk dan mobil-mobil ambulan sehingga mereka terpaksa meninggalkan lokasi.
Meski demikian, pagi itu regu-regu penolongan berhasil mengevakuasi puluhan jenazah syuhada dari beberapa wilayah perbatasan yang sebelumnya dinyatakan sebagai daerah terlarang. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL