anti isisBaghdad, LiputanIslam.com – Otoritas Irak menyatakan bahwa pasukan keamanan yang didukung relawan berhasil membebaskan sebuah kawasan di barat kota Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, dari cengkraman pasukan teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Sebagaimana dikabarkan Alalam Selasa (23/12), pembebasan itu dilakukan melalui sebuah operasi khusus yang menewaskan 30 teroris, satu diantaranya Abu Nusrah al-Halbusi, petinggi keamanan ISIS di kawasan tersebut. Selain itu, tujuh anggota ISIS lainnya tertangkap.

Bersamaan dengan ini, sejumlah besar anggota ISIS kabur dari distrik Hit di bagian barat provinsi ini ketika pasukan keamanan Irak bergerak mendekati distrik tersebut. Sumber keamanan Irak menyatakan mereka kabur melintasi sungai menuju kawasan al-Shamiah dan al-Jazirah.

Sebelumnya, sumber keamanan Irak menyatakan pihaknya berhasil membebaskan empat desa dekat Hit.

Di provinsi Salahuddin, pasukan keamanan Irak membebaskan dua desa di selatan Tikrit dalam operasi militer yang juga menewaskan hampir 30 petempur ISIS, dua di antaranya berstatus komandan.

“Pasukan keamanan terlibat kontak senjata dengan para anggota ISIS di kawasan sekitar Yathrib, 80 kilometer selatan Tikrit, mengakibat 28 anggota ISIS tewas, beberapa di antaranya warganegara asing dan dua komandan ISIS bernama Abu Dujanah al-Hashmawi dan Ahmad Yasin,” katanya kepada al-Sumaria.

Dia menambahkan bahwa kontak senjata berakhir dengan bebasnya dua desa Albu Hashmah dan al-Jamiyyah yang berada di bawah administrasi Yathrib. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL