Pasukan Irak berpatroli di Mosul barat (Independent)

Mosul, LiputanIslam.com –  Pasukan Irak berhasil mengepung total ISIS dan membebaskan lebih dari sepertiga bagian barat kota Mosul, Irak utara, dan terus menggempur posisi-posisi pasukan teroris di bagian yang menjadi markas besar terakhir ISIS di Irak tersebut, Minggu (12/3/2017).

Pasukan Irak memulai operasi pembebasan Mosul barat  sejak 19 Februari lalu dengan bertolak dari arah selatan kota ini.

Sumber-sumber militer Irak menyatakan perlawanan para teroris terus melemah bersamaan dengan gerak maju pasukan keamanan Irak, namun pertempuran masih belum berkobar di kawasan-kawasan penting, termasuk kota lama yang jalanannya sempit dan lorong-lorongnya berhimpitan.

Komandan Operasi Khusus II Pasukan Kontra-Terorisme Irak Mayjen Saad Maan mengatakan kepada AFP, “Lebih dari sepertiga sisi kanan (Mosul barat) boleh dikata sudah dikuasai oleh satuan-satuan pasukan kami.”

Seperti diketahui kota Mosul terbelah oleh Sungai Tigris menjadi dua bagian timur dan barat. Bagian timur sudah berhasil dibebaskan secara total dari pendudukan ISIS beberapa bulan lalu.

“Setelah kami tuntaskan (penguasaan) distrik al-Amil kemarin (Sabtu), kami menyerbu sebagian kawasan distrik al-Risalah. Hari ini satuan-satuan pasukan bergerak maju ke arah Mosul baru dan distrik al-Aghwat,” lanjutnya.

Dia menjelaskan bahwa pasukan Irak terus bergerak di dua distrik ini, dan dia optimis bahwa dalam beberapa jam ke depan pihak dapat menguasai penuh keduanya sehingga mereka dapat  terhubung dengan poros Kepolisian Federal di Mosul timur.

Laporan lain dari Direktorat Intelijen Militer Kemhan Irak menyebutkan bahwa pejabat administrasi ISIS, Mahmoud Fathi al-Jibouri alias Abu Rusul tewas terkena serangan udara pasukan koalisi di Mosul barat.

ISIS Terkepung Total

Utusan khusus Amerika Serikat di pasukan koalisi internasional anti ISIS, Brett McGurk, Minggu, mengatakan bahwa pasukan Irak telah mencapai semua jalan terakhir yang terhubung ke Mosul sehingga ISIS terkepung total di kota ini.

Dia menambahkan kawanan teroris ISIS di Mosul sekarang tinggal menunggu ajal.

Sementara itu, pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi menyatakan pihaknya berhasil menghabisi seorang petinggi militer ISIS berjulan Mohammad I’liy di kawasan Badush, barat laut Mosul, dan memulai lagi operasi militer di poros Badush untuk mencapai target-target yang direncanakan.  (mm/rayalyoum/alalam/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL