pasukan isis di yarmouk suriahDamaskus, LiputanIslam.com – Kawanan teroris bersenjata ISIS semakin terdesak mundur oleh faksi-faksi bersenjata Palestina di kamp Yarmouk, selatan Damaskus, Suriah. Demikian dilaporkan AFP dari Damaskus berdasarkan keterangan para pejabat Palestina, Selasa (14/4).

Kantor berita Perancis ini juga memberitakan kesaksian seorang warga bernama samaran Samer yang tinggal di Yarmouk. Dia mengatakan bahwa ISIS sudah angkat kaki dari sebagian besar wilayah Yarmouk yang mereka diduduki menyusul serangan mereka sejak 1 April lalu ke kamp pengungsi tersebut.

“Dalam lebih dari tiga hari ini bahkan kami tidak melihat satupun anggota DAESH,” kata Samer. DAESH adalah akronim untuk ISIS dalam bahasa Arab.

Kabar mundurnya ISIS dari sebagian besar kamp Yarmouk dibenarkan oleh seorang pejabat faksi pejuang Palestina pro-pemerintah Suriah yang bertempur melawan ISIS di kamp.

“Sesekali namun kontinyu masih terjadi pertempuran antara faksi-faksi Palestina dan ISIS,” kata Khaled Abdul Majid, ketua Front Perjuangan Rakyat Palestina. Dia menambahkan bahwa ISIS sudah menyingkir dari sebagian besar wilayah yang sebelumnya berhasil mereka kuasai.

Sumber keamanan Suriah yang meminta tidak disebutkan identitasnya juga mengatakan bahwa faksi-faksi pejuang Palestina “telah membuat kemajuan dan siap untuk merebut kembali titik-titik kunci.”

Yarmouk merupakan satu di antara enam kamp pengsungsi Palestina di Suriah. Kamp ini pernah dihuni oleh 160,000 warga Suriah dan pengungsi Palestina. Namun belakangan kamp itu lebih menyerupai kota hantu karena sebagian besar penduduknya mengungsi akibat konflik pemberontakan dan terorisme Suriah yang meletus sejak empat tahun silam, tepatnya Maret 2011.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaporkan sekitar 18,000 warga Palestina, 3,500 di antaranya anak kecil, terperangkap di tengah pertempuran di Yarmouk dalam kondisi mengenaskan.

Kamp ini terhitung sebagai tempat penting karena di situ juga terdapat kantor faksi-faksi utama Palestina, namun ISIS belakangan menguasainya karena menganggapnya sebagai lokasi strategis untuk menyerang pusat kota Damaskus yang hanya berjarak sekitar 10 km dari Yarmouk. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL