terowongan isis di irakBaghdad LiputanIslam.com –  Pasukan relawan Irak menyatakan ISIS memiliki jalur-jalur akses Suiah-Irak berupa ratusan terowongan yang sulit ditemukan karena beberapa faktor.

Javad al-Thabibawi, salah seorang komandan pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, menyatakan ISIS dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini telah menggali sekira 200 terowongan bawah tanah yang menghubungkan Suriah dengan Irak.

“Setelah masuk ke Mosul, ISIS menanamkan bahan-bahan peledak dan menggali terowongan bawah tanah untuk mencegah operasi pembebasan yang dilancarkan oleh tentara Irak. Beberapa terowongan di antaranya bisa digunakan untuk memindah personil maupun persenjataan.”

Menurutnya, tak mudah untuk menemukan terowongan-terowongan itu karena satu sama lain berjauhan dan berada di kawasan gurun.

Laporan lain menyebutkan bahwa belakangan ini ISIS menebar ranjau di jalanan di bagian barat Mosul untuk menghadang serbuan pasukan Irak.

Mereka juga membuat galian di antara rumah-rumah penduduk agar mereka dapat melintas dari rumah ke rumah. Penduduk yang menolak penggalian ini dieksekusi oleh ISIS, dan sejauh ini sudah ada enam orang yang dieksekusi terkait masalah ini. (mm/almawqif/alghadpress)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL