ISIS di RaqqaKobane, LiputanIslam.com – Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Selasa (21/10) memublikasikan video jatuhnya paket-paket berisikan senjata dan amunisi kiriman AS ke tangan mereka. Menurut media AS, paket-paket itu sebenarnya dikirim dan dijatuhkan dari pesawat untuk para petempur Kurdi di kota Ain al-Arab (Kurdi: Kobane), Suriah, namun secara tak terduga malah jatuh ke tangan pasukan teroris ISIS.

Washington Post menyebutkan bahwa dalam dua hari terakhir AS telah mengirim dari udara paket-paket senjata dan amunisi untuk para petempur Kurdi di Kobane yang dikepung oleh pasukan ISIS, namun “tak sengaja” (accidentally) malah jatuh ke tangan ISIS . National Journal meragukan ketidak sengajaan ini. “Benarkah AS tidak sengaja memberikan senjata kepada ISIS?” tulis National Journal.

Video yang dipublikasikan ISIS di situs berbagi video Youtube itu dapat disaksikan pada link ini;

Juru bicara Pentagon, John Kirby, sejauh ini hanya menyatakan AS sedang mempelajari keotentikan video ISIS tersebut. Dia tidak menjelaskan bagaimana senjata buatan AS itu malah jatuh ke tangan ISIS, bukan petempur Kurdi yang memang membutuhkan bantuan khalayak dunia.

Seperti diketahui, Kobane yang terletak di bagian utara Suriah di sisi perbatasan negara ini dengan Turki telah dikepung dan digempur ISIS sejak hampir dari satu bulan lalu, namun sampai sekarang kota ini belum jatuh ke tangan ISIS berkat gigihnya perlawanan para pejuang Kurdi setempat meskipun mereka kalah dari segi jumlah personil dan perlengkapan perang.

Jatuhnya senjata AS ke tangan ISIS di Kobane membuat banyak kalangan semakin meragukan kesungguhan AS dalam menggalang koalisi internasional untuk penumpasan ISIS di Irak dan Suriah. Apalagi setelah terbukti bahwa serangan udara pasukan koalisi sama sekali tidak menghalangi masuknya pasukan ISIS ke kota Kobane. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL