isis mosul irakKirkuk, LiputanIslam.com –   Sumber militer Pasukan Kurdi Peshmerga dan penduduk provinsi Kirkuk menyatakan bahwa kelompok teroris ISIS memasang tarip sebesar US$ 600 bagi setiap orang yang ingin keluar dari kawasan-kawasan yang dikuasai ISIS di selatan provinsi Kirkuk.

Hiwa Anwar, perwira pasukan Kurdi Peshmerga berpangkat kolonel, mengatakan, “Setiap hari ada yang ratusan orang yang meminta perlindungan dari kami di antara warga sipil yang kabur dari berbagai kawasan yang dikuasai ISIS (di provinsi Kirkuk), dan kelompok ini mewajibkan kepada setiap orang yang ingin keluar membayar US$ 600.”

Dia menambahkan bahwa tarip ini diterapkan kepada siapapun, tanpa ada pengecualian.

Senada dengan ini, Amirah Hasan, seorang ibu rumah tangga Irak, mengaku telah meninggalkan desa Ramlah di distrik al-Huwaijah di selatan Kirkuk setelah membayar US$ 600.

“Jika Anda membayar maka ISIS akan melepaskan pandangannya dari Anda, dan kami sekeluarga yang terdiri atas tujuh orang telah membayar US$ 4200 sehingga kami dapat keluar,” terangnya kepada kantor berita Turki, Anadolu.

Dia juga menjelaskan bahwa keluarga ini telah melintasi jalan yang sangat rawan ledakan ranjau, tapi akhirnya mereka dapat keluar dengan selamat dari kawasan yang diduduki ISIS di provinsi Kirkuk.

Kesaksian serupa juga dinyatakan oleh seorang nenek Irak, Amirah Sami, yang juga berhasil lolos dari wilayah kekuasaan ISIS dengan menguras sisa harta yang masih dimilikinya.

“Hanya orang yang berharta saja yang bisa pergi, sedangkan yang tidak punya apa-apa harus diam mendekam dalam rumahnya.  Saya, anak-anak, dan cucu-cucu saya telah membayar dengan segala yang kami miliki, dan kami dapat lolos dari ISIS,” tuturnya.

ISIS menguasai kawasan selatan provinsi Kirkuk, termasuk distrik Huwaijah, al-Zab, dan al-Riyadh yang dihuni oleh warga Arab Sunni, sementara penduduk provinsi ini terdiri atas warga bersuku Turkmen, Arab, dan Kurdi.  (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL