perang kobaneKobane, LiputanIslam.com – Berbagai sumber menyebutkan bahwa kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kian terdesak dalam perang dengan pasukan Kurdi di kota Ain al-Arab atau Kobane di bagian utara Suriah. Demikian dilaporkan IRNA, Jumat (28/11).

Pasukan ISIS terdesak mundur dari banyak kawasan segi empat keamanan kota Kobane, sementara pasukan Kurdi yang berjuang mempertahankan kota ini sedang melakukan penyisiran banyak kawasan kota ini dari keberadaan pasukan ISIS.

Kamis malam lalu (27/11) pasukan Kurdi melancarkan operasi serangan terhadap lokasi-lokasi konsentrasi ISIS di kawasan Mumitah di bagian barat Kobane hingga terjadi pertempuran sengit yang menjatuhkan beberapa korban tewas dari kedua belah pihak di sekitar bundaran Azadi.

Pasukan Kurdi melakukan pembersihan dengan ekstra hati-hati karena banyak tempat dan rumah di Kobane sudah dipasang bom oleh pasukan teroris ISIS.

ISIS berusaha menguasai Kobane sejak 16 September lalu. Mereka berhasil masuk ke dalam kota dan menguasai lebih dari separuhnya sejak awal Oktober lalu. Mereka terus mendesak para pejuang Kurdi, namun sejak sekitar tiga minggu lalu giliran mereka yang terdesak, satu persatu posisi-posisi strategis kembali direbut oleh para pejuang Kurdi, dan lebih banyak anggota ISIS yang tewas dibanding pejuang Kurdi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL