BaitulMaqdis, LiputanIslam.com –  Kelompok teroris takfiri ISIS untuk pertama kalinya mengaku telah melancarkan serangan di kota Baitul Maqdis (al-Quds/Yerussalem) hingga menewaskan seorang polisi Israel.

“Sekelompok kecil singa kekhalifahan (ISIS) telah melancarkan operasi penuh berkah di kota al-Quds,” ungkap ISIS setelah polisi Israel sebelumnya menyatakan pihaknya telah membunuh tiga pemuda Palestina pelaku serangan tersebut.

ISIS juga mengklaim bahwa serangan yang terjadi Jumat (16/6/2017) itu membuat para pelakunya gugur. Kelompok ini juga mengaku berjanji akan terus melancarkan serangan terhadap Israel.

Polisi Israel mengumumkan bahwa salah seorang pelaku telah menikam polisi Israel dengan pisau di depan Gerbang al-Amud, salah satu gerbang Kota Lama di Baitul Maqdis yang diduduki Israel.  Polisi berusia 23 tahun itu tewas beberapa jam kemudian di rumah sakit.

Tanggapan Pejuang Palestina

Dua faksi pejuang Palestina, Hamas dan Front Rakyat Pembebasan Palestina, PLFP, Sabtu pagi (17/6/2017) membuat statemen secara terpisah menyatakan bahwa para pelaku serangan itu bukan anggota ISIS, melainkan para pejuang Palestina.

Jubir Hamas Sami Abu Zuhri menegaskan, “Operasi gagah berani al-Quds terjadi dalam kerangka operasi rakyat, dan dilancarkan oleh dua pejuang dari PLFP dan satu lagi anggota Hamas. Pengaitan operasi ini dengan Daesh (ISIS) merupakan upaya untuk mengacak kartu.”

Senada dengan ini, PLFP menegaskan, “Para syuhada operasi  Janji Buraq yang dilancarkan Jumat sore merupakan operasi gagah berani di kota pendudukan al-Quds…  Operasi ini sukses dan merupakan reaksi terhadap kejahatan rezim pendudukan dan aksinya menistakan kesucian.”

Faksi ini menambahkan bahwa para pelaku serangan berasal dari desa Deir Abu Meshaal.

“Mereka adalah para pejuang dari kalangan tawanan yang telah bebas, yaitu Barra’ Ibrahim Saleh Ata, 18 tahun, Usamah Ahmad Mustafa Ata, 19 tahun, dan syahid Adil Hasan Ahmad Ankush, 18 tahun,” lanjut PLFP. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL