Beirut, LiputanIslam.com –  Kelompok teroris ISIS melancarkan serangan secara bersamaan di Suriah dan Irak, masing-masing di kamp pengungsi di Suriah timur dan sebuah markas pasukan Irak di bagian barat negara ini, hingga menjatuhkan puluhan korban tewas.

Serangan ini terjadi manakala ISIS semakin terdesak hebat dalam pertempuran yang berlangsung di  Raqqah, Suriah utara, maupun di Mosul, Irak utara.

Di Suriah utara ISIS melancarkan serangan bom bunuh diri dekat kamp pengungsi yang menampung 300 keluarga yang mengungsi dari Irak dan atau dari provinsi Deir el-Zor, Suriah, yang banyak bagiannya dikuasai oleh ISIS.

Observatorium Suriah untuk HAM menyebutkan bahwa sedikitnya lima anggota ISIS telah meledakkan diri di kamp pengungsi Rajm al-Salibi di provinsi Hasakah dekat perbatasan Irak. Satu di antara pelaku itu berhasil menyusup masuk ke dalam kamp pengungsi. Serangan ini menewaskan 38 orang, 23 di antaranya warga sipil, dan melukai puluhan lainnya.

Bersamaan dengan ini, ISIS menyerang sebuah markas tentara Irak di bagian barat negara ini. Seorang perwira Irak berpangkat letkol mengatakan, “10 tentara terbunuh dan enam lainnya luka-luka dalam serangan ISIS terhadap sebuah markas tentara Irak di timur kota Rutbah.”

Dia menjelaskan bahwa ISIS menyerang markas di kawasan al-Sakar itu dengan peluru mortir dan roket hingga kemudian terjadi kontak senjata antara kedua pihak selama dua jam, dan setelah itu kawanan ISIS mundur dan kabur ke kawasan gurun. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL