Beirut, LiputanIslam.com –   Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya berhasil menguasai sembilan pos di wilayah perbatasan negara ini dengan Yordania dan memperkuat posisinya di wilayah perbatasan selatan, setelah di wilayah lain mendapat serangan mematikan dari kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Media perang milik Hizbullah Sabtu lalu (30/9/2017), menyatakan bahwa sembilan pos perbatasan itu terletak di tenggara Damaskus, ibu kota Suriah, dan sejumlah anggota kawanan bersenjata tewas dan luka akibat gempuran SAA dan sekutunya, namun media ini tidak menyebutkan identitas atau nama kelompok kawanan bersenjata itu.

Dalam peristiwa lain, kawanan teroris ISIS berhasil menguasai kota kecil al-Qaryatain di kawasan Badiah di bagian tengah Suriah setelah mereka melancarkan serbuan dan serangan telak terhadap SAA.

Lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) menyatakan bahwa ISIS berhasail menguasai kota itu 72 jam setelah mulai melancarkan serangan balik di Badiah hingga terjadi pertempuran hebat yang menjatuhkan ratusan korban jiwa dari kedua belah pihak.

Menurut SOHR, ISIS menyerbu SAA yang jumlah personilnya kecil di kota itu, dan ISIS juga menguasai sebuah distrik dan gunung strategis yang bersebelahan dengan sebuah jalur vital.

Dilaporkan bahwa serangan ISIS sejak Kamis lalu terhadap pos-pos SAA dan sekutunya di selatan kota Sukhnah telah menjatuhkan ratusan korban jiwa dengan rincian sedikitnya 128 anggota SAA dan sekutunya yang sekira 20 di antaranya adalah anggota Hizbullah Lebanon, dan  sedikitnya 90 anggota ISIS.

Direktur Eksekutif SOHR menjelaskan bahwa ISIS yang menderita kekalahan di berbagai front di bagian utara dan timur Suriah belakangan ini mencoba melakukan serbuan-serbuan ”untuk memperlihatkan kepada publik lokal dan internasional bahwa mereka masih mampu melancarkan serangan dan serbuan serta menimpakan kerugian jiwa dalam jumlah besar di barisan musuhnya.”

Serangan-serangan telak ISIS terjadi bersamaan dengan beredarnya rekaman suara yang disebut-sebut sebagai suara pemimpin besar kelompok teroris ini, Abu Bakar al-Baghdadi, yang menyerukan kepada para anggota ISIS supaya “bersabar dan teguh” menghadap “aliansi para kafir” anti ISIS di Suriah dan Irak.  (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL