kamp yarmouk suriahDamaskus, LiputanIslam.com – Kawanan bersenjata yang terafiliasi dengan organisasi teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menguasai sebagian besar kamp pengungsi Palestina Yarmuk di selatan Damaskus, ibu kota Suriah.

“Para petempur ISIS melancarkan serangan sore ini ke Yarmuk dan menguasai sebagian besar kamp ini,” ungkap Anwar Abdel Hadi, kepala bidang politik Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Damaskus kepada AFP, Rabu (1/34/2015), sembari menambahkan bahwa pertempuran antara teroris ISIS dan kelompok-kelompok bersenjata Palestina masih berlangsung di lokasi tersebut.

Menurut laporan al-Mayadeen, kelompok-kelompok bersenjata Palestina itu meskipun ditampung di Suriah namun malah ikut menjadi penentang Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

ISIS masuk ke Yarmuk dari kawasan Hajar al-Aswad dengan bantuan sebagian anggota al-Nusra yang telah menyebrang ke ISIS.

Lembaga pengawas HAM Suriah (SOHR) yang berbasis di Inggris juga menyebutkan ISIS telah menguasai sebagian besar kamp pengungsi Yarmuk setelah terlibat pertempuran dengan kelompok-kelompok Palestina yang beroposisi terhadap pemerintah Suriah.

Sehari sebelumnya, Yehia Hourani pemimpin senior Hamas di kamp itu dibunuh oleh ISIS saat berada di rumah sakit Yarmouk. Hamas menyebut menyebutkan bahwa dia terbunuh ketika dia membawa bantuan kemanusiaan ke rumah sakit itu.

Kamp ini sempat dihuni oleh sekitar 160,000 pengungsi Palestina dan Suriah. Kamp ini terjebak dalam konflik di Suriah. Menurut AFP, kamp ini dikepung oleh pasukan pemerintah sejak lebih dari satu tahun silam, dan sekarang diperkirakan hanya tinggal 18,000 warga yang masih bertahandi sana.

Para pemberontak Suriah telah menarik diri dari kamp itu pada Februari 2014 di bawah perjanjian yang hanya membolehkan para pengungsi Palestina anti pemerintah Suriah saja yang tinggal di dalamnya. Keterjebakan kamp itu dalam konflik membuat kondisi di sana memprihatinkan.

ISIS yang menguasai sebagian wilayah Suriah dan Irak tidak hanya memerangi pemerintahan Assad, melainkan juga kelompok-kelompok pemberontak dan bersenjata lain demi mengembangkan kekuasaan mereka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL