pasukan suriah di aleppoDamaskus, LiputanIslam.com – Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya terus bergerak maju di bagian barat provinsi Raqqah dan berhasil membebaskan distrik Beer Zaidan yang terletak di lokasi sesudah Beer Ambaj dari pendudukan kawanan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Dengan demikian SAA kini berada di lokasi sejarak 30 km dari pangkalan udara militer Tabaqa.

Pasukan pemerintah Suriah itu bergerak di kawasan Athriya al-Tabaqa melalui operasi militer yang digelar sejak beberapa hari lalu.
Al-Alam, Selasa (7/6), melaporkan operasi itu berjalan lancar dan menghasilkan gerak maju cepat menuju kota dan pangkalan udara Tabaqa.

“Awal misi ini berlangsung baik sekali. Kami bergerak dari persimpangan Athriya dan dapat maju di hari pertama hingga mencapai persimpangan Zakiyah sejuah 31 km. Misi operasi ini ialah membumi hanguskan kubu-kubu pertahanan gerombolan bersenjata ISIS,” ujar seorang perwira militer Suriah di lapangan kepada al-Alam.

Dalam operasi itu serangan pasukan darat dibantu dengan serangan udara hingga menghasilkan banyak kemajuan di wilayah barat provinsi Raqqah.

“Setelah memantau dan menghimpun data-data yang cukup untuk mengetahui para teroris beserta markas-markas dan posisi-posisi mereka, pasukan kami sejak tiga hari lalu melancarkan serangan udara dan artileri. Di dukung serangan udara dan artileri, regu-regu penyerbu dan pemantauan bergerak maju mendatangi tempat-tempat persembunyian militan bersenjata dan membasmi para teroris di tempat-tempat itu,” jelasnya.

Dia juga mengatakan bahwa para teroris di sana kocar-kacir dan kabur meninggalkan bunker-bunker mereka, dan di dalam bunker-bungker itu ditemukan dokumen dan obat-obatan. Selain itu ditemukan pula satu unit bom mobil yang kemudian berhasil dijinakkan oleh regu teknisi pasukan Suriah.

Menurut al-Alam, operasi ini berhasil membuka jalan lebar bagi pasukan Suriah dan sekutunya untuk terus bergerak maju menuju pangkalan udara Tabaqa yang tinggal sejarak 35 km. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL