ISIS di tikritTikrit, LiputanIslam.com – Kelompok teroris transnasional Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengirim pasukan bantuan untuk memecah kepungan tentara dan relawan Irak terhadap rekan-rekan mereka di dalam kota Tikrit. Demikian dilaporkan Aletejah Press berdasarkan pernyataan sumber-sumber keamanan Irak di kawasan operasi Salahuddin, Kamis 919/3/2015).

Salah seorang komandan lapangan Brigade Hizbullah yang merupakan salah satu kelompok relawan yang tergabung dalam al-Hasyd al-Sakbi mengatakan bahwa beberapa kawanan bersenjata ISIS mulai mencoba melancarkan serangan dari kawasan al-Jazirah di bagian barat provinsi Salahuddin. Mereka berusaha menerobos masuk menuju Tikrit untuk membantu rekan-rekan mereka dengan mendobrak kepungan tentara dan relawan sejak Kamis dini hari, namun berakhir sia-sia.

Sumber itu menambahkan bahwa sebanyak lebih dari 50 petempur ISIS bergerak menuju Tikrit, tujuh di antaranya berada di barisan terdepan sebagai pelaku serangan bom bunuh diri. Namun mereka dihadang oleh relawan Brigade Hizbullah hingga terjadi kontak senjata sengit yang menjatuhkan beberapa korban tewas dan luka di pihak ISIS.

Truk Tangki Tewaskan 11 Anggota ISIS

Di bagian lain, satu unit truk tangki berbahan peledak yang hendak digunakan oleh ISIS untuk melancarkan serangan telah meledak dan menimpa mereka sendiri hingga menyebabkan 11 orang di antara mereka tewas.

Seorang narasumber mengatakan, truk itu meledak ketika sedang dalam proses dijadikan bom mobil oleh kawanan ISIS.

“Para teroris ISIS telah menggunakan beberapa truk tangki untuk menyerang barisan terdepan pasukan Kurdi Peshmerga yang ditempatkan di kawasan Gunung Baashiqah hingga pusat bagian utara Mosul,” kata narasumber itu kepada al-Baghdadia News. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*