kobane-ISISDamaskus, LiputanIslam.com – Pasukan teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan semakin mendekati kota Ain al-Arab (Kurdi: Kobane) di bagian utara Suriah di dekat perbatasan negara ini dengan Turki, sementara para petempur Kurdi Suriah menyatakan siap melakukan perang kota jika gerombolan teroris itu berhasil masuk ke dalam kota yang mayoritas penduduknya beretnis Kurdi tersebut.

Kantor berita AFP melaporkan bahwa para petempur ISIS terus bergerak maju menuju Ain al-Arab Kamis kemarin (2/10) hingga jarak mereka hanya tinggal 2 kilometer dengan kota ini walaupun serangan udara koalisi anti ISIS pimpinan Amerika Serikat juga dilaporkan berlanjut.

Para aktivis menyatakan kondisi saat ini kian mencemaskan karena sangat berpotensi terjadi aksi balas dendam ISIS terhadap ribuan warga sipil Ain al-Arab jika pasukan teroris yang dikenal sangat ganas dan haus darah itu dapat mematahkan pertahanan para petempur pasukan Kurdi setempat yang menamakan dirinya Unit Perlindungan Rakyat (YPG).

Para aktivis mengatakan ISIS bergerak maju dari arah tenggara dan barat kota setelah YPG mundur dari dua kawasan di sana.

Mereka menjelaskan bahwa pertempuran sengit berlanjut tanpa henti sejak 36 sebelumnya antara ratusan petempur YPG yang mengalami kekurangan senjata dan logistik di satu pihak dan ribuan petempur ISIS yang didukung berbagai jenis senjata, termasuk senjata berat.

Pemimpin Partai Pekerja Kurdi Turki (PUK) Abdullah Ocalan mengingatkan pihaknya akan menghentikan perundingan damai dengan pemerintah Turki jika kota Kobane sampai jatuh ke tangan ISIS.

“Kepungan terhadap Kobane bukanlah kepungan biasa, dan jika upaya pembantaian ini berhasil maka akibatnya adalah terhentinya upaya perdamaian,” ungkap Ocalan dalam statemennya, sebagaimana dikutip Furatnews Kamis kemarin.

Dia sendiri sedang mendekam dalam penjara di Pulau Imrali di bagian barat laut Turki. Dalam suratnya yang diterima delegasi yang terdiri dari beberapa anggota Partai Demokrasi Rakyat Turki yang membezuknya Rabu lalu (1/10) menyerukan kepada seluruh warga Kurdi supaya berperang melawan ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL