isis-serang-pasukan-irak-di-rs-mosulBartella, LiputanIslam.com –   Pasukan Irak terlibat pertempuran sengit melawan para kombatan teroris ISIS di bagian timur kota Mosul, Irak utara, dan bergerak maju menuju Sungai Tigris untuk terus menekan mereka dalam operasi militer yang sudah berjalan tujuh minggu.

Perwira tinggi Irak dari Divisi 9 menyatakan pasukannya berhasil menguasai rumah sakit al-Salam yang terdiri atas lima tingkat di mana yang tertinggi di antaranya menjadi posisi para sniper teroris.

Serbuan pasukan Irak yang terjadi Selasa lalu tercatat sebagai yang terbesar di bagian timur Mosul sejak operasi pembebasan kota ini dimulai pada 17 Oktober lalu.

Komandan Divisi 9 Brigjen Shakir Kadim mengatakan bahwa pasukan Irak bergerak di kawasan al-Salam hingga sejarak 2 km dari Sungai Tigris.

“Tapi situasi hari ini sulit, karena pertempuran berlangsung begitu sengit,” imbuhnya.

Dia menjelaskan bahwa pasukannya harus bergerak maju menuju Jembatan 4 untuk kemudian berjumpa dengan pasukan kontra-terorisme di bagian tenggara Mosul.

“Dengan mencapai Sungai Tigris maka kewajiban Divisi 9 akan tuntas,” katanya.

Sementara itu, petinggi pasukan kontra-terorisme mengatakan bahwa pertempuran di kawasan al-Salam sengit sekali, dan tentara meminta pasukan dukungan.

“Divisi 9 berada dalam posisi sulit sehingga meminta dukungan kami, dan sekarang salah satu resimen tempur pasukan kontra-terorisme akan memberikan bantuan,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa para teroris mengepung Divisi 9 di rumah sakit al-Salam.

“Kami akan menuju ke sana untuk membukakan akses bagi mereka,” lanjutnya.

ISIS melalui kantor beritanya, Amaq, menyatakan telah melancarkan lima serangan bom mobil dalam 24 jam terakhir, dan serangan ini menimpakan banyak kerugian pada pasukan Irak yang ada dalam rumah sakit al-Salam. (mm/afp)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL