Beirut, LiputanIslam.com –  Kelompok teroris ISIS berhasil mengisolasi pangkalan udara Deir ez-Zor dari kawasan-kawasan lain yang dikuasai oleh tentara Suriah di kota Deir ez-Zor, Suriah timur, Senin (17/1/2017).

“ISIS berhasil mencapai tujuan utama serangannya di kota Deir ez-Zor, yaitu memutus jalur antara kota ini dan pangkalan udara di sebelahnya.. Mereka berhasil mengisolasi pengkalan ini dari kota, dan dengan demikian, kawasan yang dikuasai oleh pemerintah terbelah menjadi dua bagian sehingga  tekanan menjadi sangat besar terhadap daerah-daerah permukiman di kota ini, ” ujar Rami Abdulrahman, Direktur Eksekutif Observatorum Suriah untuk HAM (SOHR), kepada AFP.

Senada dengan ini, sumber militer Suriah mengatakan kepada AFP bahwa ISIS menggempur posisi-posisi pasukan Suriah di barat pangkalan udara itu hingga jalur antara kota dan pangkalan terputus.

TV resmi Suriah juga menyebutkan hal yang sama dalam berita segeranya, namun menambahkan bahwa pasukan Suriah “melancarkan serangan balik untuk merebut kembali posisi-posisi yang dikuasai oleh kawanan bersenjata.”

ISIS menguasai 60 persen wilayah kota Deir ez-Zor sejak 2014 dan mengepung kota ini sejak dua tahun lalu sehingga kota ini menjadi satu-satunya tempat para teroris mengepung pasukan pemerintah.

Sejak itu, pemerintah hanya dapat menjangkau kawasan ini melalui helikopter militer yang membawa suplai untuk pasukan dan bantuan bahan makanan untuk penduduk yang terkepung.

Sumber militer Suriah mengatakan bahwa ISIS menggunakan sejumlah besar pasukan “inghimasi” (penyerang bunuh diri) dan banyak peralatan tempur dari bagian barat provinsi Deir ez-Zor dan Raqqah.

SOHR menyebutkan bahwa pertempuran sengit antara kedua pihak berlanjut hingga Senin kemarin di kota Deir ez-Zor. Serangan udara juga bertubi-tubi menyasar posisi-posisi ISIS dan lokasi-lokasi pertempuran.

Lembaga ini mencatat sebanyak 28 tentara Suriah dan 40 teroris ISIS tewas sejak pertempuran ini dimulai. Selain itu, sedikitnya 14 warga sipil juga terbunuh.  (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL