Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) terus bergerak maju di berbagai kawasan yang dikuasai kelompok teroris ISIS di berbagai wilayah negara ini. Demikian dilaporkan oleh media setempat dan lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR).

SAA menggempur kawanan bersenjata di kawasan utara Suriah dan kawasan dekat Damaskus serta di kota bersejarah Palmyra (Tadmur).

Minggu kemarin (5/2/2017) pasukan pemerintah Suriah ini mendekati kota al-Bab yang menjadi sarang terakhir ISIS di provinsi Aleppo.

SOHR melaporkan SAA berhasil merebut desa Ayoshah di timur al-Bab, dan jarak mereka kini dengan kota ini hanya tinggal kurang dari 2 km setelah menguasai jalan raya antara Tadef dan al-Bab di satu sisi, dan antara Rif Aleppo timur dan Raqqah di sisi lain.  Menurut SOHR, dengan menguasai jalan ini SAA akan dapat mengepung  atau memblokir ISIS di al-Bab dan sekitarnya.

Al-Masdar News menyebutkan bahwa setelah menguasai distrik strategis Arrab di selatan al-Bab, SAA merebut kembali Ayoshah, sebuah desa kecil tapi penting karena selama ini digunakan sebagai rute suplai ISIS menuju Tadef  dan kawasan sekitarnya di pinggiran selatan al-Bab, dan ini bisa pula membuka jalan bagi SAA untuk bergerak maju ke Deir Hafer.

Pasukan elit SAA menyerbu desa itu Minggu pagi, dan kemudian melakukan operasi penyapuan ranjau dan penghancuran terowongan-terowongan yang digunakan ISIS.

Al-Bab yang berjarak 25 km dari perbatasan Turk dan diduduki ISIS kini diperebutkan oleh berbagai pihak. Di arah selatan, SAA berada di kawasan yang berjarak beberapa kilometer dari al-Bab, sementara di utara kelompok bersenjata yang dibantu oleh militer Turki sudah mencapai pinggiran kota ini.

SAA juga bertempur dengan ISIS di provinsi Homs, Suriah tengah. Ketua eksekutif SOHR Rami Abdulrahman menyatakan SAA telah menguasai ladang minyak Hayyan di barat kota Palmira.

Sementara kantor berita Suriah, SANA, melaporkan bahwa SAA telah memperluas kekuasaannya atas poros al-Bayarat dalam melanjutkan operasi militernya terhadap ISIS di bagian timur provinsi Homs. (mm/alalam/sana/almasdarnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL