pasukan isisBeirut, LiputanIslam.com – Kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan telah menculik 230 warga sipil, minimal 60 di antaranya umat Kristen, di kota Qaryatain setelah ISIS menguasai kota di provinsi Homs di bagian tengah Suriah tersebut. Bersamaan ini dilaporkan pula bahwa sebanyak 86 teroris tewas di tangan pasukan Suriah.

“ISIS telah menculik 170 warga Sunni dan lebih dari 60 warga Kristen yang dituduh melakukan aksi mata-mata untuk kepentingan pemerintah. Penculikan ini dilakukan dalam operasi serbuan mereka terhadap Qaryatain yang telah mereka kuasai pada Rabu lalu,” ujar direktur eksekutif lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), Rami Abdulrahman, kepada AFP, Jumat (7/8).

Warga Kristen yang sudah lama mengungsi dari Qaryatain ke Damaskus, ibu kota Suriah, mengatakan bahwa sebelum terjadi krisis Suriah yang bermula pada tahun 2011, Qaryatain dihuni oleh 18.000 warga Muslim dan 2000 warga Kristen Asyrian, Katolik dan Ortodoks, namun sebelum ISIS menyerang kota ini di sana hanya tersisa sekitar 300 warga Kristen.

Rami menjelaskan bahwa ISIS memiliki daftar nama orang-orang yang menjadi buronan mereka, namun kawanan bersenjata yang dikenal sangat ekstrim dan bengis itu ternyata meringkus orang-orang itu sekaligus semua anggota keluarga mereka yang berniat melarikan diri.
Qaryatain terhitung sebagai kota strategis karena berada di jalur yang menghubungkan kota kuno Palmyra (Tadmur) dengan bagian timur Rif Qalamoun di provinsi Damaskus.

Sementara itu, Fars News melaporkan sebanyak 86 teroris takfiri meregang nyawa, puluhan lainnya luka-luka dan banyak perlengkapan perang mereka hancur diterjang operasi militer tentara Suriah di di kawasan Rabi’ah dan desa Darqishan di wilayah utara Rif Latakia.

Bagian utara Latakia pada tahun 2013 diserang kelompok-kelompok teroris takfiri yang sebagian besar berasal dari Cechnya dan orang-orang Turkmen yang mendapat dukungan dari Turki. Serangan itu dilakukan ISIS dengan tujuan dapat membuka jalur akses menuju perairan untuk selanjutnya mengakses dunia luar. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL